Obyek Wisata Temeling Porak Poranda Diterjang Banjir Bandang

picsart 12 16 07.08.41
RUSAK PARAH - Kondisi obyek wisata Temeling, di Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, pascamengalami kerusakan parah akibat diterjang banjir bandang, Kamis (16/12/2021)

Semarapura, DENPOST.id

Tidak hanya destinasi pantai Crystal Bay di Desa Sakti, obyek wisata Temeling, di Banjar Dinas Batumadeg Kelod, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung juga mengalami kerusakan parah akibat diterjang banjir bandang, Senin (13/12/2021) dini hari. Kerusakan ini, menyebabkan sebuah kolam yang menjadi ikon obyek wisata Temeling bagian bawah amblas tersapu banjir bandang.

Perbekel Batumadeg, I Made Mustika, ketika dikonfirmasi tidak menampik kondisi tersebut, Kamis (16/12/2021). Menurut Mustika, kerusakan yang terjadi di objek wisata Temeling cukup parah. Apalagi tidak hanya kolam yang menjadi ikon objek wisata Temeling, di bagian bawah yang ambles diterjang banjir bandang, namun satu kolam lagi di bagian atas juga tertimbun material lumpur dan bebatuan.

Baca juga :  Sejak Januari, Ada 8 Kasus Gigitan Anjing Rabies di Klungkung

“Banjir bandang datang dari bagian atas atau dari wilayah perbukitan, sehingga membuat kolam di Temeling ambles dan hancur,” ungkap Mustika.

Selain kolam, banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 02.00 Wita tersebut juga merusak dua akses jalan menuju objek wisata Temeling, sehingga akses jalan tersebut tidak dapat dilalui kendaraan karena terputus.

Untuk melakukan perbaikan, di kolam atas harus dikeruk kembali menggunakan alat berat. Sedangkan kolam yang amblas tersapu banjir kedepannya akan dibangun ulang kembali, dengan desain dan bentuk dibuat semirip mungkin dengan kolam sebelumnya.

Baca juga :  Baru Empat Desa di Klungkung Cairkan BLT

“Karena obyek ini merupakan ikon daya tarik wisatawan maka kita akan berupaya memperbaikinya agar kembali seperti sebelumnya,” kata Mustika. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini