Cegah Kerumunan Saat Festival Pandawa, Pengelola Tingkatkan Patroli

duarta 1
Wayan Duarta

Kutsel, DENPOST.id

Penerapan prokes di tengah berlangsungnya Festival Pandawa X menjadi perhatian serius panitia dan pengelola DTW Pantai Pandawa. Diyakini Festival Pandawa yang dibuka Wagub Cok Ace ini akan menyedot banyak pengunjung. “Kami sudah terapkan prokes secara ketat dan kami akan tambah petugas dan intensitas patroli untuk mengurai pengunjung,” ujar Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan DTW Pantai Pandawa yang juga panitia Festival Pandawa, Wayan Duarta, Jumat (17/12/2021).

Dikatakannya, selama ini prokes sudah dilaksanakan secara ketat. Baik dari cek suhu, wajib memakai masker, mencuci tangan serta menghindari kerumunan. Selain itu, imbauan prokes juga disampaikan via pengeras suara. Dia mengimbau semua pengunjung agar senantiasa mentaati prokes untuk kesehatan bersama.

Baca juga :  Karyawan Salon Alami Sesak Nafas Sebelum Meninggal

Dalam festival ini, sambung dia, sanggar-sanggar seni yang ada di Kutuh dilibatkan. Event ini  menjaga dan melestarikan eksistensi mereka. “Pandemi yang sudah berlangsung lama ini tentu sangat berat bagi mereka. Kami harap melalui event ini dapat membangkitkan kembali gairah mereka. Dan itu akan berlanjut, karena mereka merupakan salah satu produk yang kami tawarkan di kawasan ini,” katanya.

Rangkaian Festival Pantai Pandawa X, lanjut Duarta, juga dilengkapi dengan kontes bonsai nusantara. “Kontes ini diikuti kurang lebih 750 bonsai se-nusantara,” imbuhnya sembari menambahkan gelaran festival ini berlangsung selama 6 hari, yakni dari tanggal 15-20 Desember 2021. Melalui festival ini diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan di kawasan Pantai Pandawa. Bukan hanya dalam rentang waktu penyelenggaraan festival saja, melainkan seterusnya termasuk pada momen akhir tahun nanti.

Baca juga :  Bangkitkan Ekonomi Krama, LPD Kedonganan Buka Tekad

“Kami optimis di tahun 2022 nanti kunjungan akan meningkat. Sembari itu, kami pastikan akan terus melakukan pembenahan-pembenahan, baik dari segi infrastruktur, pelayanan, dan program,” ungkapnya.

Bendesa Adat Kutuh, Nyoman Mesir, didampingi Perbekel Kutuh, Wayan Mudana menyampaikan apresiasi atas kehadiran Wagub Cok Ace di ajang pembukaan festival tersebut. Kehadiran Wagub tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat setempat yang mayoritas mengandalkan penghidupan dari sektor pariwisata di Pantai Pandawa.
“Hampir 200 kios yang dikelola masyarakat kami gulung tikar selama pandemi. Apa yang bisa kami lakukan, mohon arahan dan petunjuknya. Kami siap berbenah demi kelangsungan pariwisata Pandawa,” janjinya katanya. (sugiadnyana)

Baca juga :  Bahas Perbaikan Ekonomi Global, Gubernur BI Sebut G20 Penting untuk Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini