E-surat Diluncurkan, Kominfosanti Buleleng Diminta Aktif Monitoring

luncur e 1
PELUNCURAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa saat meluncurkan E-surat Buleleng, di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Jumat, (17/12/2021).

Singaraja, DENPOST.id

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, Jumat (17/12/2021) meluncurkan e-Surat Buleleng. Setelah peluncuran ini, Suyasa meminta Dinas Kominfosanti Buleleng agar aktif melakukan monitoring penerapan e-surat di Lingkup SKPD.

“E-surat ini nantinya dapat mengadopsi beberapa aplikasi yang akan disempurnakan di masa yang akan datang,” kata Suyasa.

Baca juga :  Bantu Capaian Target Vaksinasi, Masyarakat Diminta Ini

Lebih lanjut Gede Suyasa menyampaikan, dengan perkembangan zaman saat ini, pemerintah harus mengikuti kecepatan teknologi di dalam manajemen pemerintahan dan mengingatkan operator supaya semua surat masuk yang disposisi agar masuk di e-surat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan, mengatakan, sesuai dengan peraturan Bupati Nomor 32 Tahun 2020 tentang penggunaan sertifikat elektronik dan peraturan Bupati Nomor 45 tahun 2021 tentang pelaksanaan aplikasi surat elektronik, aplikasi e-surat Buleleng ini di lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah mengaktivasi 72 sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh balai sertifikat elektronik sebagai bagian badan siber dan sandi negara.

Baca juga :  Dalam 10 Hari, 34.143 Anak Telah Tervaksin di Buleleng

“Penggunaan tanda tangan elektronik tersebut sudah terintegrasi dengan aplikasi e-surat Buleleng, sehingga penandatanganan surat atau naskah dinas lainnya dapat dilakukan secara elektronik,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, dengan adanya aplikasi e-surat ini dapat mempermudah, mempercepat, dan mengefisiensikan pada proses surat menyurat sebagai penunjang kinerja ASN dalam pengadministrasian persuratan menuju ke arah digitalisasi. Selain itu, aplikasi e-surat Buleleng ini memiliki 5 fitur, diantaranya; surat masuk, disposisi, surat keluar, verifikasi, dan tanda tangan. Aplikasi ini sudah diperkenalkan dan disosialisasikan mulai tanggal 19 Mei 2021 kepada seluruh OPD, dan Perumda di Lingkup Pemkab Buleleng, serta perbekel/lurah bersama seluruh perangkat desa/kelurahan se-Kabupaten Buleleng.

Baca juga :  Saat Ditangkap Mabuk, Tersangka Sempat Ajak Polisi Minum Kopi

Aplikasi e-surat Buleleng ini diharapkan menjadi solusi dalam menunjang kinerja perkantoran menuju ke arah digitalisasi atau pengembangan e-Goverment. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini