Setahun PPKM, Tim Yustisi Raup Denda Rp161,7 Juta

picsart 12 19 12.18.10
SIDAK PROKES – Tim Yustisi Kota Denpasar, saat sidak protokol kesehatan (prokes) mencegah kerumunan di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Minggu (19/12/2021)

Dangri, DenPost

Tim Yustisi Kota Denpasar selama setahun menggelar razia gabungan protokol kesehatan (prokes) Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 1 Januari hingga 19 Desember 2021, meraup denda Rp161,7 juta.

Kasatpol PP Kota Denpasar, yang juga Ketua Tim Yustisi Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan razia prokes PPKM Level 2 yang dilaksanakan di jalan raya sampai, Minggu (19/12/2021) ini, menjaring 6.604 pelanggar prokes, yakni 1.617 tanpa masker didenda dan 4,476 orang salah memakai masker diberi peringatan.

Baca juga :  Ini Perkembangan Pembangunan Pelabuhan Sanur 

”Kami bersama Dishub, TNI dan Polri tidak mengenal lelah melakukan pendisiplinan masyarakat agar tidak kendur mematuhi prokes selama pandemi virus Korona mewabah. Apalagi virus varian baru, Omicron sudah masuk Indonesia, sehingga masyarakat kami minta waspada,’’ kata Anom Sayoga.

Anom Sayoga menyatakan razia prokes dilangsungkan selama setahun ini mengajak masyarakat disiplin mematuhi aturan yang ada. Karena kasus positif Covid-19 sudah turun, namun masyarakat tidak boleh mengabaikan prokes dan waspada menyebar virus varian baru Omicron. ”Kami tidak berhenti melaksanakan razia atau sidak prokes sambil melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap masyarakat yang kurang disiplin mematuhi prokes,’’ ujar Anom Sayoga.

Baca juga :  Bahas Laporan Banggar dan Nota Kesepakatan, DPRD Karangasem Gelar Paripurna

Menurut Anom Sayoga, penerapan denda ini dilakukan kepada masyarakat kurang disiplin prokes untuk mencegah sekaligus memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kota Denpasar. Sebab, denda yang terkumpul ini disetor ke kas daerah sebagai bentuk teguran, sehingga masyarakat melanggar aturan selalu ingat memakai masker. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini