Buang Limbah ke Sungai, Pengusaha Ayam Potong Didenda Rp 1,5 Juta

bullah
SIDANG TIPIRING – Pemilik usaha ayam potong, Abibullah saat menjalani sidang tipiring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Rabu (22/12/2021).

Sanglah, DENPOST.id

Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menjatuhkan denda Rp 1,5 juta subsider 10 hari kurungan kepada pemilik usaha ayam potong di Jl. Sentanu, Peguyangan, Denpasar, Abibullah, Rabu (22/12/2021). Dalam sidang tindak pidana ringan yang dipimpin Hakim I Wayan Yasa, S.H., terdakwa Abibullah memilih langsung membayar denda ketimbang menjalani hukum kurungan.

Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga, mengatakan, pemilik usaha ayam potong ini membuang limbah sembarangan ke sungai sehingga membuat air sungai berbau amis dan kotor. Sesuai Perda No. 1 tahun 2015, sanksi denda maksimal Rp 50 juta. Namun denda yang diberikan menjadi keputusan hakim. ”Banyak pertimbangan meringankan denda yang dijatuhkan hakim terhadap Abibullah,’’ kata Anom Sayoga.

Baca juga :  Minggu, Muncul Dua Positif Corona, Tujuh Sembuh

Anom Sayoga mengatakan, Abibullah menyatakan siap mengikuti aturan dan tidak membuang limbah sembarangan ke sungai lagi dengan membuat pengolahan limbah. Jika melanggar lagi, Satpol PP bersama PPNS akan turun kembali mengambil tindakan tegas dengan melayangkan surat peringatan (SP) dua sekaligus menyeret Abibullah ke meja hijau. ”Sekarang kami serahkan pengawasan usaha ayam potong ini ke aparat kelurahan/desa. Kalau belakangan ditemukan melanggar lagi, tempat usaha akan disegel sekaligus ditutup karena sudah mencemari lingkungan,’’ tegasnya. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini