Antisipasi Libur Nataru, Kapolda Tinjau Sejumlah Pos Terpadu

picsart 12 24 02.35.08
TINJAU - Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra, meninjau kesiapan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pos Terpadu Uma Anyar, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara.

Ubung, DENPOST.id

Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra, bersama Kapolresta Denpasar, Kombes Jansen Avitus Panjaitan meninjau kesiapan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Jumat (24/12/2021). Mereka mengecek Pos Terpadu di Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Pos Terpadu Uma Anyar, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara.

Putu Jayan mengungkapkan, untuk seluruh wilayah Bali terdapat 22 Pos Terpadu. Dari jumlah tersebut, 10 pos untuk pelayanan terpadu dan lima pos di pintu keluar masuk Bali. “Masing-masing pos disesuaikan dengan situasi di lapangan. Seperti pos pelayanan terpadu akan melayani tes antigen, vaksinasi, aplikasi PeduliLindungi. Begitu juga pos di pintu keluar masuk Bali, dijaga lebih ketat terkait penerapan protokol kesehatan untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19,” katanya.

Baca juga :  Polisi Jemput Penyandang Disabilitas dan Lansia yang Belum Divaksin

Seperti di Pos Uma Anyar, sambung Putu Jayan, konsentrasinya adalah posko keamanan terpadu untuk arus lalu lintas. Sebab lokasi ini merupakan jalur keluar-masuknya kendaraan baik itu penumpang maupun barang yang menuju keluar-masuknya dari Kota Denpasar. “Jadi posko ini strategis sehingga kami menempatkan pos di sini. Gunanya pengaturan supaya tidak ada kemacetan khususnya ketika arus lintas padat,” bebernya.

Ditanya terkait antisipasi masuknya Omicron ke Bali saat liburan Nataru, Irjen Putu Jayan mengatakan jika di masing-masing pos yang letaknya strategis dari kedatangan wisatawan wajib ada tenaga kesehatan dan tenaga lain terkait prokes. “Terutama tes antigen. Apabila nanti diperlukan kami juga akan ada pelaksanaan vaksinasi, tapi akan dilihat situasi tempat dulu. Tapi itu sudah menjadi instruksi bapak Kapolri, di setiap pos pengamanan kami menyiapkan tenaga medis dan unsur pengamanan secara terpadu,” katanya.

Baca juga :  Satu Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

Putu Jayan mengungkapkan, puncak jumlah wisatawan ke Bali saat libur Nataru terjadi pada 6 hari lalu hingga menyentuh 30 ribu orang. Kemudian melandai saat ini ada 10 ribuan masuk dan keluar. “Jumlah itu tercatat dari Bandara Ngurah Rai. Kalau Pelabuhan Gilimanuk sekitar 20 ribu orang sejak sepekan terakhir. Jadi sejalan dengan menjelang hari libur pasti akan ada peningkatan,” pungkasnya. (124)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini