Kapolda: Puluhan Ribu Wisdom Berlibur di Bali

kapolda1
TINJAU POS PENGAMANAN - Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra saat meninjau pos pengamanan Nataru belum lama ini. (DenPost.id/ist)

Kuta, DenPost.id

Menjelang pergantian tahun, jumlah wisatawan domestik (wisdom) yang masuk Bali mencapai puluhan ribu per hari. Hal ini diungkap Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra. Menurutnya, puncak jumlah wisatawan ke Bali saat libur Nataru sempat menyentuh 30 ribu orang.

“Kemudian melandai, saat ini ada 10 ribuan masuk dan ke luar. Jumlah itu tercatat dari Bandara Ngurah Rai. Kalau di Pelabuhan Gilimanuk sekitar 20 ribu orang sejak sepekan terakhir. Mnjelang hari libur pasti ada peningkatan,” tegas Putu Jayan, beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Empat Tahun, 48 Pelaku ‘’Skimming’’ Dibekuk di Bali

Untuk mengurai kemacetan di wilayah Kuta, pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalu lintas (lalin). Termasuk menempatkan 22 pos terpadu di seluruh Bali. Dari jumlah tersebut, 10 pos untuk pelayanan terpadu dan lima pos di pintu ke luar-masuk Bali. “Masing-masing pos disesuaikan dengan situasi di lapangan seperti pos pelayanan terpadu akan melayani tes antigen, vaksinasi, dan aplikasi PeduliLindungi. Begitu juga pos di pintu ke luar-masuk Bali, dijaga lebih ketat mengenai penerapan prokes untuk mencegah masuknya varian baru covid-19,” tegasnya.

Seperti di Pos Uma Anyar, Ubung Kaja, Denut, sambung Irjen Putu Jayan, konsentrasinya adalah posko keamanan terpadu untuk arus lalin. Hal itu karena lokasinya merupakan jalur ke luar-masuk kendaraan penumpang maupun barang di Kota Denpasar. “Jadi posko ini strategis sehingga kami menempatkan pos. Gunanya pengaturan supaya tidak ada kemacetan khususnya ketika arus lalin padat,” bebernya.

Baca juga :  Tak Dapat Pengganti Tanah LC, Warga Mengadu ke Perbekel Padangsambian Kelod

Ditanya mengenai antisipasi masuknya Omicron ke Bali saat liburan Nataru, Irjen Putu Jayan mengatakan bahwa masing-masing pos strategis dari kedatangan wisatawan wajib ada tenaga kesehatan dan tenaga lain. “Terutama tes atigen. Bila nanti diperlukan, kami juga akan ada vaksinasi, tapi akan lihat situasi tempat dulu. Itu sudah menjadi instruksi Bapak Kapolri bahwa di setiap pos pengamanan, kami menyiapkan tenaga medis dan unsur pengamanan secara terpadu,” tandas Kapolda. (yan)

Baca juga :  Ajik Krisna Kini Incar ‘’Lengis Tandusan’’ Setelah Berkebun di Buleleng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini