Pemeriksaan Setempat Tanah Guwang Tidak Dihadiri Penggugat

picsart 12 27 09.18.14
TUMPAH RUAH - Ratusan masyarakat Desa Guwang, baik laki-laki maupun perempuan dengan berpakaian adat tumpah ruah ke lokasi PS, Senin (27/12/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Sidang perkara Nomor: 173/Pdt.G/2021/PN.Gin antara I Ketut Gde Dharma Putra sebagai Penggugat melawan Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar selaku Tergugat I dan Desa Guwang, Desa Adat Guwang selaku Tergugat II dan III, Senin (27/12/2021) mengagendakan sidang pemeriksaan setempat (PS).

Karena massa Desa Guwang masih tetap banyak seperti sidang-sidang sebelumnya, apalagi berlangsung di desanya, sehingga pengacara atau penasehat hukum penggugat tidak berani datang ke lokasi.

Majelis hakim melakukan pemeriksaan setempat (PS) mendapat pengawalan ketat petugas keamanan dari kepolisian.

Hasil pantauan dilapangan ratusan masyarakat Desa Guwang, baik laki-laki maupun perempuan dengan berpakaian adat tumpah ruah ke lokasi PS, yakni di SDN 1 Guwang, SDN 2 Guwang, SDN 3 Guwang, LPD Desa Guwang, Pasar Tenten Guwang, dan Kantor Perbekel Guwang yang semuanya ini dalam satu deretan dipinggir jalan, sehingga ratusan warga berpakaian adat madya ramai dipinggir jalan jurusan Ketewel-Pasar Seni Guwang.

Baca juga :  Oknum Sulinggih Diduga Berbuat Cabul, Desa Adat Akan Lakukan Ini

Bahkan warga membawa sound system dengan bernyanyi dipinggir jalan. Untuk mengamankan jalan PS, ratusan polisi dan TNI diterjunkan.

Ketua Majelis Hakim, Erwin Harlond P, didampingi anggotanya Anak Agung Putu Putra Ariyana, dan Astrid Anugrah, setelah membuka sidang tanah Guwang di PN Gianyar, majelis hakim mempertanyakan kuasa hukum penggugat dan kuasa hukum tergugat terkait kesiapan mengikuti PS. Kuasa hukum penggugat menyampaikan kepada majelis hakim tidak mengikuti PS karena alasan keamanan.

Majelis hakim turun hanya bersama kuasa hukum tergugat melihat objek tanah Guwang yang digugat. Penggugat tidak mengajukan PS dan beban administratif pemeriksaan setempat (PS) dibebankan kepada Desa Guwang dan Desa Adat Guwang selaku tergugat.

Baca juga :  Dewan Buleleng Dorong Pengadaan Anggaran Pemulangan Jenazah Masyarakat Miskin

Di lokasi tanah Desa Guwang, ribuan masyarakat Desa Guwang dari anak-anak sampai lansia menunggu proses PS dengan tertib.

Para STT di Desa Guwang terlihat membawa gamelan baleganjur untuk menghibur masyarakat memenuhi SD 1,2,3 Guwang dan memenuhi jalan dari depan SD sampai depan Kantor Desa Guwang.

Bendesa Adat Guwang, I Ketut Karben Wardana, didampingi keempat pengacara I Made Adi Seraya, I Made Duana, I Kadek Agus Mudita dan I Wayan Subawa menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Desa Guwang telah mengikuti PS secara tertib dan aman. Ini termasuk ucapan terima kasih kepada TNI dan Polri yang melakukan upaya pengamanan, sehingga majelis hakim bisa memimpin pelaksanaan PS dengan lancar.

Baca juga :  Diduga Berbuat Tak Senonoh Dekat ‘’Beji’’, Dua Orang Diamankan Polisi

Kuasa Hukum Tergugat Desa Guwang, Made Adi Seraya menyampaikan dalam PS ini Majelis Hakim melihat secara langsung keberadaan lahan yang selama ini dikuasai Desa Adat Guwang yang sudah terdapat Pasar Tenten, kantor desa, LPD, dan sekolah Dasar 1,2 dan 3 sesuai yang disampaikan kuasa hukum tergugat dalam persidangan.

Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana mengatakan pengamanan PS tanah Guwang mengacu pada surat permohonan pengamanan dari PN Gianyar ke Polres Gianyar. Ratusan orang personel gabungan TNI dan Polri diturunkan guna mengamankan pelaksanan PS oleh majelis hakim di lokasi Tanah Desa Guwang. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini