Nusa Penida Nihil Kasus Anjing Rabies

picsart 12 29 06.28.01
VAKSIN ANJING - Vaksinasi anjing di Klungkung, belum lama ini.

Semarapura, DENPOST.id

Walaupun wilayahnya tergolong kecil dari kabupaten lainnya di Bali, jumlah kasus anjing positif rabies di wilayah Klungkung masih cukup tinggi. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Klungkung, jumlah kasus anjing rabies dari Januari hingga akhir Desember 2021, mencapai 21 kasus.

Kasus tertinggi terjadi di Kecamatan Banjarangkan, yakni sembilan kasus. Sedangkan di Nusa Penida sama sekali tidak ada alias bebas kasus rabies.

Baca juga :  Lima SD di Nusa Penida Belum Penuhi Syarat PTM

Kadis Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida ketika dikonfirmasi mengatakan kalau Kecamatan Nusa Penida nihil kasus anjing rabies karena secara geografis memang terisolir dengan Klungkung daratan, sehingga lalu lintas anjing sebagai hewan penular rabies juga minim.

Namun, pihaknya mengaku punya tugas berat melakukan pengawasan agar tidak ada lalu lintas anjing masuk ke wilayah Nusa Penida.

“Nusa Penida kebetulan daerah yang terisolir. Jadi potensi lalu lintas anjing sangat kecil. Orang juga kecil kemungkinan bawa anjing ke sana. Anjing liar atau diliarkan menyebar di sana saja. Tapi kita punya tugas berat melakukan pengawasan agar tidak ada lalu lintas anjing masuk ke wilayah Nusa Penida,” ungkap Juanida, Rabu (29/12/2021). (119)

Baca juga :  TAK BERIZIN, PROYEK BANGUNAN LIMA LANTAI DISETOP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini