Nominal Bantuan Kreasi Pawai Ogoh-ogoh di Badung Dikurangi

picsart 22 01 02 16 27 12 440
Kepala Dinas Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha.

Mangupura, DENPOST.id

Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait teknis pelaksanaan pembuatan dan pawai ogoh-ogoh. Sesuai dengan edaran tersebut, Dinas Kebudayaan Badung akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait teknis secara rinci pelaksanaannya di Kabupaten Badung.

Kepala Dinas Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha, Minggu (2/1/2022), mengatakan pihaknya sudah menerima surat tersebut, namun ia merasa ragu pelaksanaan pawai ogoh-ogoh dapat sesuai dengan SE, sehingga pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait tentang teknis pelaksaan pembuatan dan pawai ogoh-ogoh di Badung.

Baca juga :  Karyawan Lepas Teknisi Operator Selular Gasak Perangkat Tower

“Kalau dilihat dari SE itu, ada ketentuan saat pawai maksimal boleh diikuti 50 orang, ini sedikit sulit pelaksanaannya. Jadi, ini terkait pelaksanaan pembuatan dan pawai ogoh-ogoh dan kami segara akan mengkoordinasikan dengan MDA Kabupaten, PHDI dan tokoh-tokoh lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, paling sedikit dalam pelaksanaan pawai sekitar 20 orang dari penabuh gong, 20 orang dari pengusung ogoh-ogoh dan pengiring lainnya. Jika dijumlahkan akan lebih dari 50 orang. “Hal ini yang mendasari kami akan membuat sebuah keputusan bersama. Paling lambat Minggu kedua di bulan ini akan ada ketentuan teknis yang menindaklanjuti SE MDA,” ungkapnya.

Baca juga :  Amankan KTT G20, Polri Juga Gunakan CCTV

Disinggung terkait bantuan pembuatan ogoh-ogoh, Sudarwitha menerangkan bahwa untuk tahun 2022, akan diberikan. Hanya saja jumlah dari bantuan tersebut, akan dikurangi sesuai dengan kebijakan dan perencanaan yang dilakukan oleh Bupati dengan DPRD Badung.

“Tahun ini tetap ada bantuan dana pembuatan ogoh-ogoh, tapi jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya. Kalau dulu Rp40 juta dipotong pajak, tahun ini mungkin sepertiganya karena sesuai dengan kemampuan keuangan daerah tidak mampu seperti tahun sebelumnya,” terangnya. (115)

Baca juga :  Mobil Lapis Baja Kawal Vaksin Covid-19 Tahap II Gelombang 3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini