Kadiskes Sebut Omicron Terdeteksi dari PPDN yang Sempat Menginap di Nusa Dua

kadiskes bali suarjaya
Kadiskes Bali Ketut Suarjaya

Sumerta, DENPOST.id

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya membenarkan bahwa di Bali telah terdeteksi Covid-19 varian Omicron. Kasus diduga datang dari Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang berlibur ke Bali periode Desember 2021.

“Nggih benar. Di Bali tanggal 20-25 Desember lewat jalur Gilimanuk,” ujarnya ketika diwawancarai secara daring, Senin (3/1/2022). Terkait hal tersebut Pemerintah Provinsi Bali bersama Satgas Covid-19 segera melakukan penelusuran.

Baca juga :  Misterius, Pelaku Pembuang Orok di Tukad Unda

Ia tak menjelaskan lebih detail asal wisatawan tersebut. Namun pihaknya telah mengantongi lokasi tempat menginap dari wisatawan yang terpapar Covid-19 itu, yakni di salah satu hotel sekitar Pantai Sawangan, Nusa Dua.

Dia mengatakan hari ini akan dilakukan tracing dan testing di tempat menginap tersebut. “Hari ini dilakukan tracing dan testing di tempat menginap,” ujarnya.

Temuan varian Omicron ini menjadi pertama kali di Provinsi Bali. Terkait penyebaran Omicron sejatinya telah diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi Bali dengan memperketat pengawasan di pintu masuk Bali, baik jalur darat maupun udara.

Baca juga :  Tekan Risiko di Darat, Pelabuhan Benoa Bakal Dioptimalkan

Pengawasan dilakukan lebih intensif ketika menjelang Natal dan Tahun Baru 2022. Khususnya di Pelabuhan Gilimanuk, Satpol PP telah melakukan pengawasan dan memperketat syarat-syarat masuk ke Bali, salah satunya memastikan PPDN tuntas divaksin Covid-19.

Seperti yang diketahui, Omicron di Bali terungkap dari 2 warga Surabaya yang kembali ke daerah asalnya, setelah keduanya sempat berlibur ke Bali bersama keluarga besar.

Dari informasi yang dihimpun kedua telah dievakuasi dan dilakukan isolasi di rumah sakit dengan kondisi tanpa gejala identik Covid-19. (106)

Baca juga :  Polisi Tetapkan Satu Tersangka Penebasan di Songan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini