Klungkung Target PTM Penuh Minggu Depan

picsart 22 01 03 13 24 51 718
PTM - Sejumlah siswa SD di Klungkung mengikuti PTM terbatas di sekolah belum lama ini.

Semarapura, DENPOST.id

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung terus mematangkan persiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh. Hal ini menyusul capaian vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang sudah melampaui 90 persen. Bahkan jika mendapat izin dari Satgas Covid-19 Klungkung, Disdikpora menarget paling lambat mulai minggu depan PTM penuh di Klungkung sudah bisa dimulai.

“Hari ini kita mengikuti webinar dengan pusat terkait dengan persiapan pelaksanaan SKB (Surat Keputusan Bersama) empat menteri tentang full PTM. Setelah hari ini, kami akan buat surat ke Pak Bupati selaku Ketua Satgas Covid-19 Klungkung untuk minta izin melaksanakan full PTM,” ungkap Kadisdikpora Klungkung, Ketut Sujana, Senin (3/1/2022).

Baca juga :  Kantor LPD Bakas Digeledah Kejari Klungkung

Menurut Sujana, meski capaian vaksinasi PTK sudah di atas 90 persen dan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Klungkung juga sudah melewati 80 persen, tetapi Disdik tidak serta merta langsung dapat memulai PTM penuh. Sujana mengatakan, pihaknya tetap membutuhkan izin dari Satgas Covid-19.

“Kalau diizinkan oleh Satgas Covid-19, maka paling lambat minggu depan kita sudah mulai full PTM. Tapi pelaksanaannya tentu dengan variasi di masing-masing sekolah kita,” katanya.

Baca juga :  Warga Dihebohkan Bangunan Gedong Sari di Lantai II Terbakar

Lebih jelasnya, Sujana mengatakan selama PTM penuh, waktu belajar anak-anak di sekolah akan normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19. Yakni selama 6 jam pelajaran. Namun, ada batas maksimal anak di tiap kelas. Untuk jenjang SD, maksimal 28 orang, sedangkan untuk SMP maksimal 32 orang. Nah, untuk sekolah-sekolah yang jumlah siswanya banyak, maka disarankan untuk membagi kelas menjadi dua shif.

Kebijakan tersebut juga akan diterapkan untuk sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Nusa Penida. Karena hal ini berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasarana dan juga keterbatasan ruang belajar. Namun demikian
Sujana memastikan, secara umum Disdik dan juga sekolah sudah sangat siap untuk memulai PTM penuh. Tapi keputusan finalnya tetap menunggu Satgas Covid-19.

Baca juga :  Pasien Covid-19 di RSUD Klungkung di Bawah 50 Orang

“Kalau soal izin orangtua, justru sekarang dengan situasi setelah PTM, ortu merasa pentingnya PTM tatap muka,” tandas Sujana. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini