Jelang Ngaben Massal, Wantilan Setra Bakas Ambruk

picsart 22 01 05 19 13 01 932
AMBRUK - Wantilan atau balai los di Setra Desa Bakas, yang ambruk rata dengan tanah, Selasa (4/1/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Ambruknya wantilan atau bale los di Setra Adat Bakas, Kecamatan Banjarangkan, akibat diterjang angin kencang, Selasa (4/1/2022), mulai ditindaklanjuti petugas BPBD Klungkung, Rabu (5/1/2022). Apalagi pihak desa adat berharap agar pemerintah dapat membantu perbaikan fasilitas umum tersebut, karena warga akan menggelar upacara ngaben massal pada Agustus 2022.

“Bangunan ini menjadi lokasi bagi masyarakat melakukan berbagai aktivitas, jika ada upacara di setra seperti penguburan atau pitra yadnya,” ungkap Bendesa Adat Bakas, Cokorda Oka Adnyana.

Baca juga :  Gedong Panyimpenan di Pura Dalem Setra Sidayu Tojan Terbakar

Menurut Cokorda Adnyana, bangunan itu, merupakan tempat umum yang keberadaannya cukup penting bagi masyarakat. Karena itu, ia berharap pemerintah dapat membantu perbaikan tempat umum tersebut. Apalagi pada Agustus 2022, warga di Desa Bakas akan menggelar pitra yadnya atau pengabenan massal, sehingga bangunan tersebut harus segera mendapatkan perbaikan.

“Kami berharap agar segera mendapatkan penanganan, karena Agustus nanti kami akan ada pengabenan. Sebelum pengabenan agar fasilitas umum ini bisa dibangun kembali,” harapnya.

Baca juga :  Gubernur Koster Serahkan SHM Gratis di Semarapura Klod-Kangin

Sementara Kalak BPBD Klungkung, I Putu Widiada yang turun melakukan pengecekan mengatakan kalau wantilan ini bersifat sebagai fasilitas umum. Jadi akan diupayakan diajukan di Pemerintah Provinsi Bali, supaya dibantu sebagai bansos tidak terencana pemerintah provinsi sesuai dengan peraturan gubernur. “Karena ini sebagai fasilitas umum dan sesuai dengan pergub ini bisa dibantu dengan mengajukan proposal dari pemerintah desa maupun desa adat,” ujar Widiada.

Baca juga :  Tahun Ini, Klungkung Hanya Realisasikan Bedah Rumah 72 Unit

Hal senada juga dikatakan Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta yang juga turun mengecek ke lokasi wantilan yang roboh di Setra Adat Bakas. Iapun menugaskan Kepala Pelaksana BPBD Klungkung untuk melakukan inventarisir dari musibah itu, untuk dilaporkan ke Pemprov Bali. Mengingat masyarakat Bakas akan melaksanakan ngaben massal. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini