Disperindag Mulai Undi Pedagang Pasar Rakyat Gianyar

picsart 22 01 06 18 36 37 726
UNDI PEDAGANG - Suasana pengundian para pedagang Pasar Rakyat Gianyar, Kamis (6/1/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar, mulai melaksanakan pengundian untuk para pedagang pasar Rakyat gianyar. Pengundian dilakukan di pasar setempat, Kamis (6/1/2022), untuk pedagang los Pasar Rakyat Gianyar.

Pedagang yang akan direlokasi ke pasar yang baru tersebut, merupakan pedagang lama yang sudah terdata untuk mengikuti rangkaian pengundian los. Di mana Disperindag melakukan pengundian dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Pengundian los untuk pedagang dihadiri Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, I Wayan Sadra, dan Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Luh Gede Eka Suary.

Kadis Perindag Gianyar, Luh Gede Eka Suary mengatakan teknis pengundian terlebih dahulu mengundang pedagang yang sudah terdata dan sudah terverifikasi pada saat perpindahan (pedagang existing). Setelah mendapat undangan, mereka datang dengan membawa surat undangan, menunjukkan KTP dan melakukan proses registrasi, serta langsung mengambil undian.

Baca juga :  Tahun Baru Imlek di Bali Safari Park dibalut Tema “Petualangan Safari”

“Kita undang pedagang lama yang nama-namanya terverifikasi pada saat perpindahan, kemudian melaksanakan registrasi dengan membawa surat undangan dan langsung mengambil nomor undian,” kata Eka Suary.

Dikatakan dia, total 1.589 los Pasar Rakyat Gianyar diundi selama tiga hari, mulai dari Kamis (6/1/2022) hingga Minggu (9/1/2022). Dari 1.589 pedagang itu, dihari pertama diundi 511. Pengundian los dibagi menjadi empat pos/tempat berdasarkan jenis dagangannya dan lantai.

Baca juga :  Tiang Listrik Tumbang Timpa 6 Motor

Untuk pengundian di pos satu, yakni pedagang telur, tahu dan tempe, pos dua untuk pedagang sayur, pos tiga untuk pedagang  ikan dan daging, serta pos empat untuk pedagang jajan. “Mereka membawa surat undangan kemudian menujukkan KTP, mengambil nomor undian, dilihat nomor undiannya kemudian ditunjukkan tempat berdagang dan pedagang langsung pulang,” katanya.   

Untuk sementara selama enam bulan ini, Pasar Rakyat Gianyar akan digratiskan. Kedepannya akan dilaksanakan subsidi silang berupa retribusi atau sewa dengan payung hukum yang ada berupa Perda Retribusi.

Baca juga :  Anggota DPRD Klungkung Minta Tablet

Salah seorang pedagang sayuran, Wayan Mas yang memperoleh los di Pasar Rakyat Gianyar mengatakan dirinya ragu apakah bisa membayar sewa/retribusi karena kondisi ekonomi yang lesu di tengah pandemi Covid-19. Namun, mendengar bahwa retribusi pasar akan digratiskan selama enam bulan, dirinya sangat berterimakasih kepada pemerintah, serta merasa sangat terbantu dan dapat meringankan beban dirinya. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini