Sembilan Desa di Badung Siap Pilkel Serentak

picsart 22 01 09 17 38 35 479
Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Badung, Made Ponda Wirawan

Mangupura, DENPOST.id

Pemilihan Perbekel Serentak akan kembali dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Badung. Sebanyak sembilan desa akan memiliki perbekel baru, setelah pemilihan pada 23 Mei 2022.

Sejumlah persiapan pun telah dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan bahkan sudah terbentuk Keputusan Bupati Badung Nomor 104/0419/HK/2021 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Perbekel Serentak di Kabupaten Badung tahun 2022.

Kepala Dinas PMD Badung Komang Budi Argawa mengatakan rencananya sesuai SK Bupati akan dilaksanakan Pilkel serentak, 22 Mei 2022. Pilkel ini pun akan menggunakan anggaran dari APBD Badung dan APBDes. “Sesuai SK Bupati, pelaksanaan Pilkel Serentak pastinya akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) dan dilakukan untuk sembilan desa,” ujarnya, Minggu (9/1/2022).

Menurutnya, dalam pelaksanaan Pilkel Serentak masih mengacu kepada ketentuan yang lama. Hanya saja akan diperbarui dari Peraturan Bupati yang baru. Kendati demikian aturan yang berlaku selama Pilkel Serentak tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

Baca juga :  Mediasi Kasus Tanah Guwang Temui Jalan Buntu

“Aturannya masih sama dengan sebelumnya, seperti UU nomor 6 tahun 2014, PP nomor 43 tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 112 tahun 2014, Permendagri Nomor 83 tahun 2015, Peraturan Daerah Kabupaten Badung nomor 7 tahun 2015, dan Peraturan Bupati Badung Nomor 30 tahun 2016. Satu lagi kami sedang proses pembentukan Peraturan Bupati yang baru,” ungkapnya.

Dalam Peraturan Bupati terbaru, Argawa menerangkan, ada ketentuan baru yang ditambahkan. Ketentuan tersebut adalah coblos simetris. “Jadi coblos simetris ini adalah ketentuan dimana saat mencoblos para pemilih hanya boleh mengenai satu nomor atau foto dari calon perbekel. Jika mengenai lebih dari satu dianggap tidak sah,” terangnya.

Baca juga :  Jelang Akhir Tahun, Pergerakan Penumpang di Bandara Ngurah Rai Terus Meningkat

Sementara Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Badung, Made Ponda Wirawan mengatakan hajatan demokrasi tingkat desa sudah dekat. Ada sekitar sembilan desa yang melakukan pemilihan di tahun 2022 ini. Hal inipun mesti disikapi agar nantinya tidak menimbulkan kekisruhan bahkan gugatan. “Kami tidak mau lagi ada sengketa dalam pelaksanaan pilkades mendatang. Sudah cukup pilkades sebelumnya kita jadikan pengalaman. Kita harapkan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melakukan persiapan lebih baik lagi agar pengalaman buruk yang lalu tidak berulang,’’ harapnya. (115)

Baca juga :  Target Juni, 70 Persen Penduduk Badung Dapat Vaksin Dosis 1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini