Hujan Deras Picu Banyak Bencana di Klungkung

akses 1
PUTUS - Akses jalan menuju pantai dan vila di Tegal Besar, Banjarangkan, Klungkung nyaris putus.

Semarapura, DENPOST.id

Hujan deras disertai angin yang menerjang wilayah Klungkung sejak Minggu (9/1/2022) sore menimbulkan bencana di sejumlah titik. Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Banjarangkan. Tidak hanya longsor dan pohon tumbang, ada rumah warga serta fasilitas umum juga rusak akibat diterjang banjir.

Kerusakan terparah terjadi di Dusun Tegal Besar, Desa Negari.
Akses jalan dari setra (kuburan) menuju pantai dan vila milik Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet putus. Sedangkan di Desa Bakas, ada sebuah rumah roboh. Ada juga rumah warga yang rusak akibat ditimpa pohon kelapa dan garase diterjang longsor.

Baca juga :  Kru Diamond Princess Tiba di Bali, Ini Rencana Januartika
rumah roboh 1
AMBRUK – Rumah salah seorang warga di Bakas ambruk.

Selain rumah, tembok penyengker milik warga di Desa Aan juga roboh akibat hujan deras Minggu malam. Robohnya tembok penyengker ini menimpa rumah warga bernama Wayan Eka Jaya di Dusun Peken. Petugas dari BPBD Klungkung bersama petugas damkar telah turun melakukan evakuasi sejak Minggu malam.

Evakuasi tanah longsor dilakukan hingga Senin (10/1/2022). Petugas BPBD bersama Damkar membersihkan material longsor yang menutupi jembatan Penasan menuju Dusun Anjingan. Pembersihan longsor menggunakan alat berat ini dipantau langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Baca juga :  100 KK Miskin di Klungkung Diberi Bantuan Tanaman Hidroponik

“Semoga segera bisa ditangani agar akses jalan Penasan menuju Anjingan ini bisa dilalui,” harap Suwirta.

Sebelumnya, petugas BPBD Klungkung juga menerima banyak laporan kejadian dari sejumlah desa terkait bencana seperti pohon tumbang, banjir dan longsor, Minggu malam. Proses evakuasipun telah dilakukan dengan membersihkan material longsor seperti di depan objek Goa Jepang dan lainnya.

“Dengan banyaknya kejadian ini, kami imbau agar masyarakat lebih waspada lagi. Apalagi cuaca buruk datangnya tidak menentu,” ungkap Kalak BPBD Klungkung, Putu Widiada. (119)

Baca juga :  1.600 Warga Klungkung Jadi Sasaran Vaksin, Begini Persiapan Diskes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini