Upacara “Manca Kelud” Awali Peresmian Alun-Alun Kota Bangli

lapang 1
DITATA - Lapangan Kapten Mudita sebelum mendapat penataan menjadi Alun-alun Kota Bangli. DENPOST.id/dok

Bangli, DENPOST.id

Upacara manca kelud mengawali peresmian Alun-alun Kota Bangli yang direncanakan Rabu (12/1/2022). Manca Kelud serta pamlaspas palinggih dan pedagingan ini nantinya dipuput tiga sulinggih.

Kabag Kesra Setda Bangli, Jro Penyarikan Widata, mengatakan, saat ini tengah dilakukan persiapan untuk melaksanakan upacara manca kelud, yang diawali upacara mapepada wewalungan yang dilaksanakn Selasa (11/1/2022). Adapun hewan yang akan dipakai untuk ulam (sarana) upakara yakni kambing, angsa, babi hitam (kucit butuan), anjing bang bungkem serta berbagai jenis ayam seperti ayam brumbun, ayam wangkas, ayam selem, ayam ijo, ayam putih serta ayam buik. “Hewan tersebut nantinya akan diolah untuk ulam upakara manca kelud,” paparnya, Senin (10/1/2022). Diungkapkan pula, untuk pelaksanaan upacara ini dianggarkan dalam APBD tahun 2022 senilai Rp 150 juta.

Baca juga :  Terobos Jalur Penelokan, Sejumlah Truk Bermuatan Pasir Ditindak

Diberitakan sebelumnya, menjelang tutup tahun 2021, sejumlah mega proyek pembangunan di Kabupaten Bangli terwujud. Beberapa di antaranya sudah diserah-terimakan dari pihak rekanan. Salah satunya pembangunan alun-alun Kota Bangli dengan penataan Lapangan Kapten Mudita. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini