Penanganan Jalan di Klungkung Difokuskan ke Nusa Penida

picsart 22 01 11 18 18 58 874
DITANGANI - Salah satu ruas jalan di Sekartaji, Nusa Penida, Klungkung yang sudah ditangani tahun 2021.

Semarapura, DENPOST.id

Pemkab Klungkung tahun 2022, tidak mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan di Klungkung daratan. Perbaikan jalan justru difokuskan ke wilayah Nusa Penida. Bahkan anggaran yang diplot untuk peningkatan jalan di Nusa Penida mencapai Rp31,7 miliar lebih.

Anggaran sebesar itu, tidak hanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), namun juga bersumber dari pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp19 miliar lebih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Klungkung, I Made Jati Laksana ketika dikonfirmasi mengakui tahun ini, di Klungkung daratan tidak ada pengerjaan jalan baru. Yang ada hanya anggaran pemeliharaan rutin saja. Sementara pengerjaan ruas jalan tahun 2022, difokuskan di Kecamatan Nusa Penida yang dianggarkan dari dana DAK dan PEN.

“Tahun ini, kita fokus melakukan peningkatan jalan di Nusa Penida sepanjang 17,35 kilometer,” ungkap Made Jati Laksana, Selasa (11/1/2022).

Baca juga :  Transmisi Lokal di Pasar Meluas, Ratusan Pedagang Rapid Test di Terminal Galiran

Menurut Jati Laksana, ada tujuh ruas jalan yang dikerjakan di Nusa Penida tahun 2022. Dari tujuh ruas jalan tersebut, tiga ruas jalan dikerjakan menggunakan dana DAK senilai Rp12 miliar lebih. Ketiga ruas jalan yang dikerjakan dari DAK, yakni peningkatan Jalan Pejukutan-Gepuh sepanjang 3,6 km Rp5,9 miliar, Batukandik-Guyangan 1,5 km dengan nilai Rp3,5 miliar, dan Banjar Bingin-Batukandik dengan panjang 1,5 km dengan anggaran sekitar Rp3 miliar.

Baca juga :  Mural 300 Meter Kritik Warga Soal Buang Sampah Sembarangan

Sementara empat ruas jalan lagi dikerjakan dari pinjaman PEN senilai Rp19 miliar lebih. Empat ruas jalan yang dikerjakan, yakni peningkatan Jalan Penangkidan-Pasih Uug sepanjang 4,5 km dengan nilai Rp8,2 miliar, Jalan Mentigi-Gria Tengah dengan panjanh 4 km senilai Rp7,4 miliar, Jalan Behu-Bunga Mekar dengan panjang 1,1 km senilai Rp1,9 miliar, dan Jalan Kutapang-Maos dengan panjang 0,9 km senilai Rp1,6 miliar. (119)

Baca juga :  PPKM Darurat di Klungkung, Monumen dan Lapangan Puputan Ditutup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini