Nusa Penida Kembali Dilanda Banjir, Motor Nyaris Hanyut

picsart 22 01 12 19 46 50 102
MOTOR TERSERET - Kondisi sepeda motor milik warga yang terseret banjir di Dusun Ponjok, Desa Kutampi, Nusa Penida, Rabu (12/1/2022)

Semarapura, DENPOST.id

Hujan deras kembali mengguyur wilayah Nusa Penida, Klungkung, Rabu (12/1/2022) sore. Kondisi ini, membuat banjir di sejumlah titik. Salah satunya di Dusun Ponjok, Desa Kutampi, Nusa Penida.

Banjir sampai membuat senderan atau bahu di pinggir jalan jebol. Bahkan ada salah seorang warga yang melintas mengendarai sepeda motor nyaris terseret banjir.

Perbekel Kutampi, Wayan Mustika ketika dikonfirmasi tidak menampik kondisi banjir tersebut. Menurut Mustika, hujan deras mulai turun sekitar pukul 13.30 Wita sampai pukul 15.00 Wita. Kondisi ini, langsung membuat banjir di Dusun Ponjok. Apalagi kondisi tanah masih basah dan tidak ada serapan, sehingga membuat banjir dan menggerus senderan di pinggir jalan hingga jebol.

“Tanahnya sudah basah dan serapan air tidak ada. Apalagi hujan deras turun lebih dari satu jam maka otomatis menimbulkan banjir,” ungkap Mustika.

Baca juga :  Enam Nakes RSUD Klungkung Terpapar Covid-19

Menurut Mustika, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan ada korban akibat banjir tersebut. Namun diakui ada salah seorang warga terjebak karena nekat hendak menerobos akses jalan yang direndam banjir, sehingga warga tersebut nyaris terseret banjir bersama sepeda motornya.

“Orangnya selamat, sepeda motornya juga berhasil diselamatkan. Tapi akses jalan itu memang jalan utama yang sering dilalui warga. Jadi, kami minta warga untuk hati-hati lagi melintasi jalan tersebut. Terutama saat malam hari,” ujarnya.

Baca juga :  Dua Residivis Penipuan Online Lintas Provinsi Ditangkap

Selain membuat senderan jalan jebol, banjir yang terjadi di Desa Kutampi juga menyebabkan banyak tanaman jagung petani hancur terendam banjir. Ada 10 hektar lahan jagung milik warga yang rusak. Apalagi kondisi banjir sudah terjadi sejak 13 Desember 2021. “Banyak warga yang gagal panen akibat banjir tersebut. Tapi ada juga yang masih panen, cuman jagung yang panen warga yang masih muda,” terangnya.

Baca juga :  Level PPKM Turun, Masyarakat Diminta Tak Abai Prokes

Dengan adanya banjir tersebut, Mustika berharap ada penanganan dari dinas terkait. Apalagi jalan yang terendam banjir tersebut merupakan jalan utama.

Sementara Kalak BPBD Klungkung, Putu Widiada ketika dikonfirmasi mengaku belum menerima laporan terkait banjir di Nusa Penida. Namun, pihaknya mengaku akan koordinasi lagi dengan instansi untuk mengetahui kondisi banjir di sana. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini