Diduga Percikan Api Palebon, Bale Piasan Pura Dalem Desa Adat Abianseka Terbakar

picsart 22 01 13 19 09 45 321
PADAMKAN API - Petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Gianyar, saat memadamkan api yang membakar bale Piasan Pura Dalem, Desa Adat Abianseka, Mas, Ubud, Kamis (13/1/2022)

Gianyar, DENPOST.id

Bale piasan Pura Dalem Desa Adat Abianseka, Desa Adat Mas, Ubud, Gianyar, terbakar, Kamis (13/1/2022) sekitar pukul 14.15 Wita. Diduga kebakaran yang menimpa bale piasan beratapkan ijuk itu, dari percikan api palebon di setra (kuburan) tak jauh dari areal pura.

Kebakaran yang menimpa bale piasan membuat pangempon pura mengalami kerugian mencapai puluhan juta. Kini, polisi masih melakukan penyelidikan.

Informasi yang berhasil dihimpun sekitar pukul 14.00 Wita, di Setra Adat Banjar Abianseka, Desa Mas, sedang berlangsung upacara pengabenan (alm) Jro Made Dangin atau Jro Mangku Dalem Lingsir. Di mana pada saat sedang berlangsungnya prosesi pembakaran jenasah, di area Pura Dalem Banjar Abianseka Desa Mas, sekitar pukul 14.15 Wita, terlihat oleh saksi dan warga yang ikut dalam upacara ngaben tersebut, ada kepulan asap di atas bale Piasan Pura Dalem Desa Adat Abianseka.

Tidak lama, langsung muncul kobaran api pada atap bale piasan yang terbuat dari ijuk. Melihat kejadian tersebut, saksi dan warga yang ikut dalam kegiatan pengabenan berlari menuju piasan yang terbakar untuk berusaha memadamkan api, dengan cara menyiram dengan air.

Baca juga :  Pastikan Perayaan Idul Fitri Sesuai Prokes, Dua Kapolres Lakukan Ini

Kelihan Dinas Banjar Abianseka langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gianyar, guna penanganan lebih lanjut.

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Gianyar, I Made Watha mengatakan begitu menerima laporan ada kebakaran, pihaknya langsung menugaskan anggota Posko Ubud; dan dibantu posko lain menuju lokasi memadamkan api. Untuk memadamkan api, pihaknya menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Gianyar. Untuk memadamkan api 20 orang petugas pemadam diterjunkan.

Baca juga :  Berkali-kali Selamatkan Ekonomi Bali, Perajin Terus Disemangati Pemprov

Karena yang terbakar bermaterial ijuk berlangsung cukup lama. Sekitar pukul 15.20 Wita, api dapat dipadamkan dan tidak sampai merembet ke palinggih lainnya.

Sementara Kapolsek Ubud, Kompol I Made Tama dihubungi mengatakan atas kejadian tersebut, anggota sudah ke lokasi untuk melakukan olah TKP, serta minta keterangan sejumlah saksi. Dari keterangan saksi, saat prosesi pembakaran jenasah angin bertiup sangat kencang, sehingga diperkirakan percikan api terbang mengenai atap bale Piasan Pura Dalem Abianseka yang terbuat dari ijuk, sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran.

Baca juga :  Sat Polairud Polres Gianyar Bantu Bangun Tempat Penetasan Penyu

Atas kejadian tersebut, Pangempon Pura Dalem Desa Adat Abianseka, Desa Mas tidak melaporkan kejadian ini, dan menganggap kejadian tersebut sebagai musibah. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini