Klungkung Gelar Ritual Tumpek Uye di Pura Watu Klotok dan Pura Mpuaji

picsart 22 01 14 19 01 48 591
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Semarapura, DENPOST.id

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, mulai menindaklanjuti arahan Gubernur Bali, Wayan Koster, terkait perayaan Tumpek Uye yang jatuh pada, Sabtu (29/1/2022). Sebagai tindaklanjut, Suwirta memutuskan akan menggelar upacara perayaan Tumpek Uye di dua tempat, yakni Pura Watu Klotok, Desa Tojan, dan di Pura Mpuaji di Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida.

Keputusan ini diambil Suwirta, setelah menggelar rapat dengan Sekda Klungkung, Gede Putu Winastra, dan sejumlah kepala OPD terkait di ruang rapat Kantor Bupati, Kamis (13/1/2022) sore.

Baca juga :  Padi di Dua Subak Diserang Penyakit Kresek

“Perayaan Tumpek Uye ini kita gelar sebagai upaya untuk mendukung program Pemprov Bali, mengenai pelestarian nilai-nilai kearifan lokal, serta melakukan sinergitas dengan misi Pemkab Klungkung, yaitu menguatkan dan meningkatkan Eleksistensi adat dan budaya,” ungkap Suwirta, Jumat (14/1/2022).

Selain menggelar upacara di dua pura tersebut, pemkab rencananya akan melepas tukik di Pantai Watu Klotok, pelepasan bibit ikan Nila di Sungai Unda, dan pelepasan kepiting atau ikan di hutan manggrove Desa Jungutbatu. Kegiatan ini dilakukan
sebagai implementasi SE Gubernur Bali Nomer 4 Tahun 2022 tentang Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru. (119)

Baca juga :  Pol PP Klungkung Tertibkan Pengamen Pakai Busana Adat Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini