Disambar Petir, Pura Dalem Akah, Klungkung, Terbakar

petir1
TERBAKAR - Gedong penyimpenan atau pelinggih pesaren di Pura Dalem Desa Akah, Klungkung, yang terbakar Minggu petang (16/1) kemarin, diduga akibat disambar petir. (DenPost.id/ist)

Semarapura, DenPost

Pura Dalem Desa Adat Akah, Klungkung, Minggu (16/1/2022) sore terbakar. Dugaan sementara, pura ini terbakar akibat disambar petir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun satu gedong penyimpenan atau pelinggih pesaren yang beratapkan ijuk ludes terbakar.

Informasi yang diperoleh di lapangan, sebelum terbakar, warga di sekitarnya melihat kilatan petir di atas bangunan tersebut. Setelah itu muncul asap dari atap bangunan berbahan ijuk ini sekitar pukul 18.15. Api langsung berkobar meski saat bersamaan turun hujan lebat.

Baca juga :  Gasak Sepeda Motor, Buruh Didor Polisi

“Informasi yang saya dengar, kejadiannya setelah terdengar suara petir yang besar. Ketika itu warga sekitarnya sempat melihat kilatan petir dari atas gedong penyimpenan,” ungkap Kelian Banjar Pekandelan, Desa Akah, Wayan Mertana.

Setelah api membesar, warga langsung turun untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Lantaran atap pelinggih berbahan ijuk, api dengan cepat membesar dan meludeskan pelinggih itu. Petugas Damkar Klungkung datang ke lokasi ketika api berkobar hebat.

Baca juga :  Gubernur Koster Tegur Pengelola Proyek Pelabuhan Sampalan, Gara-gara Pengerjaan Molor

“Kami kerahkan sekitar 20 personel atau dua regu untuk memadamkan api,” ujar Kasatpol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta.

Menurut dia, api baru dapat dipadamkan petugas damkar sekitar pukul 19.00. Akibat kejadian itu, seluruh atap bangunan berbahan ijuk hangus terbakar. Setelah api padam, warga bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan agar tidak merembet ke bangunan lain. (wia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini