2022, PUTR Buleleng Prioritaskan Perbaikan Ruas Jalan

adiptha 1
Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra

Singaraja, DENPOST.id

Tahun 2022 ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng memprioritaskan perbaikan infrastruktur ruas jalan di beberapa wilayah di Buleleng. Hal itu penting dilakukan mengingat aktivitas lalu lintas di Buleleng saat ini sangat padat dan juga keadaan jalan yang sudah mengalami kerusakan. Itu diungkapkan Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra, Selasa (18/1/2022).

Adiptha mengatakan, salah satu program perbaikan jalan akan dilakukan di Jalan Srikandi sampai pertigaan Desa Sambangan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 5,1 miliar. Mengingat Jalan Srikandi adalah salah satu akses jalan penghubung dari Sangket ke kota, di samping itu keadaan jalan yang sempit dan padat serta mengalami kerusakan yang cukup parah. “Kami sudah siapkan dokumennya. Februari akan lelang, dan maret kemungkinan sudah ada pemenang tender dan bisa secepatnya dikerjakan. Kurang lebih 4 bulan akan selesai,” ucapnya.

Baca juga :  Hadapi Covid-19, PAS Minta Pejabat Baru Lakukan Ini

Secara teknis dijelaskan, nantinya di Jalan Srikandi akan dilakukan pelebaran jalan sekaligus hotmixnya dan juga akan dilakukan pembetonan di pinggir trotoar untuk memperkuat jalan. Saluran airnya juga akan diperbaiki.

Selain di jalan Srikandi, pihaknya juga akan memperbaiki ruas jalan secara bertahap di ruas jalan Pura Segara Rupek melalui dana APBD dan bantuan BKK Provinsi Bali secara bertahap. Untuk dana BKK Provinsi nanti akan digunakan untuk paping agar lebih awet, mudah perawatan dan ramah lingkungan dengan anggaran Rp 4,8 miliar.

Baca juga :  Di Buleleng, Satu Pasien Covid-19 Meninggal

Adipta menjelaskan, mengingat panjang jalan Pura Segara Rupek mencapai 15 km, program ini akan dilakukan secara bertahap. “Tahun ini baru akan terealisasi 6 km saja, sisanya akan dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Untuk diketahui, perbaikan ruas jalan melalui DAK dengan nilai Rp 6,3 miliar akan dilakukan juga di sepanjang jalan Pejarakan-Batuampar dan Pejarakan- Pemandian dengan panjang jalan 3,6 km. Sedangkan dari dana APBD akan digunakan untuk perbaikan ruas jalan di perbatasan Selat-Asah Gobleg dengan anggaran Rp 1 miliar dan untuk ruas jalan Anturan- Pura Dalem akan dihotmix sepanjang 1,5 km dengan anggaran Rp 1,2 miliar.

Baca juga :  Adu Lihai Racik Kopi Bali di Masa Pandemi

“Semua program kegiatan ini akan dilakukan pada triwulan pertama. Astungkara bulan Februari lelang dan pekerjaan bisa dilaksanakan pada triwulan pertama ini,” harapnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini