Ridwan Kamil: Jabar Banyak Bantu Bali Olah Sampah Plastik

kamil
BERI KETERANGAN - Ridwan Kamil memberi keterangan pers di hadapan pimpinan redaksi media massa di Bali. (DenPost.id/ist)

KIAN mendekatnya perhelatan politik berupa pemilihan presiden (pilpres), tiba-tiba Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwal Kamil nongol di Bali pada Selasa (18/1/2022). Apakah kehadirannya ada kaitan dengan kerjasama pemerintahan atau kepentingan politik? Sebelum menjurus ke arah sana, Kang Emil—panggilan akrab  Ridwal Kamil—menjelaskan bahwa dia ke Pulau Dewata untuk kepentingan review bisnis Bank Jawa Barat (BJB).

Di hadapan pimpinan redaksi media massa di Bali, Kang Emil mengungkapkan bahwa Jabar sangat membantu Bali untuk mengatasi sampah-sampah plastik yang mengotori perairan, terutama laut. Berton-ton sampah, terutama botol/gelas air mineral, yang sudah dibersihkan dan dipres kecil-kecil, dibawa ke pabrik pengolahan plastik dengan truk. Kebetulan pengolahan sampah plastik ini di Indonesia hanya ada di Jabar. ‘’Berton-ton sampah plastik dikirim ke pabrik kami di Jabar, sehingga kami banyak membantu Bali dalam mengatasi sampah,’’ tegas pria berusia 50 tahun ini.

Baca juga :  TMMD Jadi Ajang Sosialisasi Penerapan Prokes

Selain itu, Jabar punya proyek di Bali, salah satunya di Bandara Ngurah Rai. Pertama: terminal Jati Baru (dua bangunan), Hotel Novotel dan masjid di Tuban (dekat bandara). Kemudian ada hotel di Nusa Dua yakni Aerowisata, di Seminyak dan di Ubud. ‘’Sebagai arsitek, saya tentu banyak pekerjaan,’’ bebernya.

Tak hanya itu. Kang Emil sempat meluncurkan aplikasi ‘’BeliBali’’ pada September 2021 lalu. Bahkan sejak saat itu hingga kini jumlah transaksinya lebih dari Rp 2 miliar. Mekanismenya: bahan-bahan baku untuk berbagai keperluan kerajinan di Bali, misalnya, dibeli di Bandung. Sedangkan hasilnya kemudian diterbangkan/dibawa lagi ke Jabar melalui online. Dia berharap tahun 2022 ini jumlah transaksi terus meningkat, sehingga menguntungkan bagi kedua provinsi. ‘’Untuk itu saya sarankan agar para pelaku UMKM di Bali rajin-rajinlah bermain lewat online,’’ tegaasnya.

Ditanya mengenai pilpres mendatang, Kang Emil mengaku sudah siap lahir-bathin. Hal itui dia lakukan setelah mendapat dukungan dari ibunda tercinta, dan kebetulan hasil surveinya juga lumayan. ‘’Lagi terus meningkat, karena mesin-mesin sedang diidupin,’’ tegas Kang Emil.

Baca juga :  Lagi dan lagi, Dua Pasien Covid-19 di Kota Denpasar Meninggal

Pada intinya tahun ini dia mengaku mencari ilham, dan yang pasti dia tentu akan menjatuhkan pilihan pada partai yang Pancasilais. ‘’Masyarakat jangan khawatir, saya pasti berlabuh di partai yang Pancasilais,’’ tegasnya.

Kang Emil juga mengaku tidak ambisius menduduki kursi RI 1. Bagi dia, berpolitik itu ada dua pilihan yakni politik tahu diri dan akal sehat. Karenanya dia tak ingin menyalip atau mandahului kader-kader bangsa yang hasil surveinya lebih tinggi. Kang Emil mengaku siap menjadi calon wapres mendampingi siapa pun. ‘’Dengan (berpasangan) Pak Ganjar oke, dengan Pak Anis siap dan dengan Pak Prabowo juga oke,’’ tandasnya. (dof)

Baca juga :  Tangani Corona, DPRD Bali Sepakati Anggaran Koster

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini