Integrasikan Data, Kominfosanti dan BPS Buleleng Tingkatkan Sinergi

sinergi buleleng 1
BERKUNJUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buleleng berkunjung ke Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng, Jumat (21/1/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buleleng berkunjung ke Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng, Jumat (21/1/2022). Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala BPS Buleleng, Made Bimbo Abdi Suardika itu disambut Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan, bersama Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Komang Ery Marta Pariata.

Adapun agenda yang dibahas adalah terkait sinergi terutama dalam penyusunan buku Buleleng Dalam Angka 2022 oleh BPS Buleleng dan Buleleng Membangun 2022 oleh Dinas Kominfosanti Buleleng.

Baca juga :  Sidak Masker, 13 Pelanggar Terjaring di Kota Singaraja

Ditemui usai kunjungan, Kepala BPS Buleleng, Made Bimbo Abdi Suardika, mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas terutama demi efektivitas dan efisiensi kerja statistik di Kabupaten Buleleng.
Salah satu contohnya adalah mencegah terjadinya data duplikat pada kedua buku yang dikerjakan yaitu Buleleng Dalam Angka 2022 dan Buleleng Membangun 2022.

“Buleleng Dalam Angka dan Buleleng Membangun 2022 kita integrasikan sehingga tidak ada data-data yang duplikasi, kemudian pelaksanaannya terintegrasi,” jelasnya.
Selain itu, sinergitas ini juga sejalan dengan upaya mewujudkan program kerja pemerintah yaitu Satu Data Indonesia (SDI).

Baca juga :  Nama Kajari Buleleng Dicatut, Tiga Instansi Kecipratan "Uang Terima Kasih"

“Cikal bakal ini mudah-mudahan membesar untuk membentuk satu portal SDI Kabupaten Buleleng,” pungkas Bimbo.

Kadis Ketut Suwarmawan mengaku sangat antusias dengan sinergi yang dilakukan kedua belah pihak dalam mewujudkan SDI. Hal itu karena akan saling menguntungkan. “Kita sangat membutuhkan sinergi ini dengan BPS karena kita juga membutuhkan data tersebut untuk kita susun di buku Buleleng Membangun 2022,” jelasnya.

Selain itu, melalui sinergitas ini maka validitas dari data yang disusun akan semakin mendekati valid, sehingga akan terhindar dari kesalahan data. (118)

Baca juga :  Buleleng Terima Penghargaan Atas Raihan WTP Tujuh Kali Berturut-turut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini