9 Warga Terpapar Covid-19, Dua Desa di Klungkung Ikut Dilacak

tracing 1
TRACING - Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung melakukan tracing di Desa Gunaksa dan Kusamba, Kamis (27/1/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Penyebaran Covid-19 melalui klaster keluarga di Dusun Glogor, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung semakin meluas. Setelah 9 orang dalam satu pekarangan terpapar Covid-19, tracing (pelacakan) terus dilakukan hingga ke Desa tetangga. Kamis (27/1/2022), giliran warga di dua desa yakni Banjar Bandung, Desa Gunaksa dan Banjar Rame, Desa Kusamba ditracing.

Mereka yang ditracing merupakan orang yang sempat kontak erat dengan 9 warga di Dusun Glogor, Desa Pikat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pelaksanaan tracing ini mendapat pengawalan dari anggota TNI dan Polri. Babinsa Koramil 03/Dawan ikut mendampingi tim nakes Puskesmas Dawan II yang melaksanakan tracing dan tes swab kepada warga.

Baca juga :  Senderan Jembatan Dusun Pau-Beneng Jebol, Wabup Kasta Minta Warga Tetap Waspada

“Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD dalam memutus penyebaran Covid 19 di wilayah binaanya yang bersinergi dengan Babinkamtibmas serta jajaran terkait lainnya. Salah satunya bersama petugas kesehatan setempat untuk melacak kontak erat atau tracking warga yang terkonfirmasi Covid 19,” ungkap Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf. Suhendar Suryaningrat.

Menurut Suhendar, tracing menjadi hal wajib dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu Babinsa dilibatkan untuk membantu tim nakes dalam mengimbau warga untuk mengikuti swab maupun rapid.

Baca juga :  Selama Pandemi, Kunjungan ke Museum Semarajaya Klungkung "Terjun Bebas"

“Setiap melaksanakan tugas yang berhubungan dengan kontak erat, anggota kami tetap mematuhi prokes dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” sarannya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini