Warga Nusa Penida Mulai Lirik Budidaya Terumbu Karang

picsart 22 01 27 19 06 58 470
TERUMBU KARANG - Kondisi terumbu karang di Nusa Penida.

Semarapura, DENPOST.id

Kepulauan Nusa Penida, Klungkung memiliki wilayah perairan dengan rangkaian terumbu karang yang indah dan beragam. Potensi ini, membuat kelompok pecinta karang Nuansa Pulau di Nusa Penida melakukan budidaya terumbu karang.

Dengan dikoordinir Nyoman Karyawan, dan Nyoman Widana, kelompok pecinta karang Nuansa Pulau ini, bertemu Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, untuk menyampaikan potensi tersebut, Kamis (27/1/2022).

Dihadapan Suwirta, baik Karyawan dan Widana, memaparkan kondisi perairan di Nusa Penida. Yang mana, menurut mereka perairan laut Nusa Penida mengandung nutrisi air laut yang sangat bagus untuk perkembangan karang dan biota laut. Salah satu contohnya terdapat di perairan Desa Ped yang merupakan gabungan dari beberapa zona konservasi, yakni zona budidaya rumput laut, perikanan tradisional dan wisata bahari.

“Terumbu karang di Nusa Penida punya ketahanan hidup tinggi. Dari 100% yang ditanam, hanya 5 % kemungkinan mati. Jadi, bisa mudah dikembangkan,” katanya.

Baca juga :  Ungkap Penggelapan Mobil, Polsek Sukawati Bekuk Pemalsu Surat Negara

Sementara menanggapi pemaparan tersebut, Suwirta menugaskan Bapperlitbang, Dinas Pariwisata dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan bekerjasama dengan kelompok pecinta karang Nuansa Pulau untuk membuat konsep yang akan dikembangkan dengan potensi perairan ini.

“Kedepan saya tugaskan kepada Dinas Pariwisata untuk memperkuat marketing pariwisata melalui video promosi pariwisata. Dana yang ada supaya digunakan untuk marketing dan membuat video promosi. Kita akan fokus bermain di multimedia sebagai media promosi,” ujar Suwirta. (119)

Baca juga :  Buntut Kasus Rabies, Perizinan KSP Sumber Rejeki Terbongkar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini