10.000 Benih Ikan Nila Ditebar di Bendungan Palasari 

picsart 22 01 29 17 45 16 140
TUMPEK UYE - Peringatan Tumpek Uye di Kabupaten Jembrana dipusatkan di Bendungan Palasari, Kecamatan Melaya, Sabtu (29/1/2022).

Negara, DENPOST.id

Peringatan hari Tumpek Uye di Kabupaten Jembrana dipusatkan di Bendungan Palasari, Kecamatan Melaya, Sabtu (29/1/2022).
Rahina Tumpek uye secara serentak diperingati kabupaten/kota se- Bali sesuai  Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata Titi Kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru.

Peringatan Tumpek Uye kali ini diawali dengan persembahyangan bersama yang dipuput Ida Pedanda Gde Rai Kawisunia dengan menggunakan banten Pulegembal dan caru mancasata. Kemudian dilanjutkan upacara mulang pakelem ke tengah bendungan menggunakan caru ayam.

Baca juga :  KTT G20, Pengamanan di Gilimanuk "All Out"

Sedangkan Sekala Danu Kerthi ditandai dengan pelepasan 10.000 ekor benih ikan nila ke Bendungan Palasari serta pelepasan puluhan burung perkutut  ke alam bebas. Pelepasan dilakukan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba.

Tamba mengatakan, kalau Gubernur menjalankan misi program Sat Kerthi Loka Bali, di Jembrana dia menjalankan misi Sad Kerthi Loka Jembrana.  “Salah satu bagian dalam sad kerthi itu adalah Danu Kerthi. Artinya gaimana kita melestarikan, menjaga, dan juga menyucikan sumber-sumber kehidupan kita. Kalau kita kaitkan dengan Danu Kerthi ini adalah sumber-sumber air, ada danau, bulakan, sungai dan itu kaitannya dengan hutan juga,” terang Tamba.

Baca juga :  Kembangkan Potensi Desa, Jembrana Gelar Bimtek Pengembangan Desa Wisata dan Digital

Menurutnya, ini merupakan bagian dari tanggung jawab bersama untuk memelihara sehingga bisa menjadi baik.
Tamba juga mengapresiasi program dari Gubernur Bali atas upaya menjaga keseimbangan dan keharmonisan antara alam, manusia dan tradisi.  (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini