Buang Limbah Sembarangan, Klinik Rapid Test akan Ditindak  

klinik 1
KLINIK - Sejumlah pengelola klinik rapid test di Gilimanuk saat dikumpulkan Satgas Covid-19 Jembrana di Kantor Kelurahan Gilimanuk, terkait penanganan limbah medis.

Negara, DENPOST.id

Keberadaan klinik rapid test antigen cukup banyak di sepanjang jalur Gilimanuk hingga pelabuhan. Demikian juga di wilayah Ketapang-Banyuwangi.
Khusus di Gilimanuk, dari data di Dinas Kesehatan Jembrana ada 7 klinik rapid test.
Pascaterjadinya masalah limbah rapid antigen yang dibuang sembarangan, klinik-klinik tersebut mendapat pengawasan. Apalagi sejak beberapa hari ini viral di media sosial ribuan limbah medis rapid test antigen kit yang dibuang di laut Selat Bali tepatnya di pantai di depan Terminal Sritanjung, Desa Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi.

Baca juga :  Petani Asal Manggissari Ditemukan Tewas Gantung Diri

Guna mengantisipasi adanya kejadian seperti tersebut, Sekretaris II Satgas Covid-19 Jembrana yang juga Kepala Pelaksana BPBD Jembrana, I Putu Agus Artana Putra, Kamis (3/2/2022) mengatakan pihaknya akan menindak jika ada klinik yang membuang limbah sembarangan.
Apalagi sebelumnya klinik yang mengajukan izin rapid test antigen yang ada di Pelabuhan Gilimanuk sudah menyatakan MoU dengan pihak ketiga terkait pengelolaan limbah medis rapid test kit.

Baca juga :  Banjir, Warga di Melaya Tengah Kelod Alami Krisis Air Bersih

Jika mereka melanggar aturan tersebut dan ditemukan membuang sampah limbah medis di pantai atau di tempat sembarangan, akan diberikan sanksi. “Kita sering melakukan pemantauan sebelumnya dan terjun ke lapangan. Sampai saat ini kami belum pernah mendengar para klinik membuang limbah medisnya di pantai. Tapi kami akan terus pantau,” tegasnya.

Agus Artana juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jembrana yang rencananya akan turun sidak lagi melakukan pemantauan tempat klinik rapid test yang ada di Kelurahan Gilimanuk. (120)

Baca juga :  Mengantuk, Seorang Guru Jatuh ke Bawah Jembatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini