Tiga Hari Operasi Gabungan, Empat Truk Odol Diamankan

picsart 22 02 04 20 26 24 405
AMANKAN TRUK - Operasi gabungan yang mengamankan empat truk odol.

Negara, DENPOST.id

Operasi gabungan dilaksanakan Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik, bersama Polda Bali, Polres Jembrana, dan Dinas Perhubungan. Operasi sudah dilaksanakan tiga hari sejak Rabu (2/2/2022).

Dalam penindakannya, petugas menjerat pidana sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 277, yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp24 juta.

Baca juga :  2021, Angka Kriminalitas di Jembrana Meningkat

Koordinator Satuan Pelaksana UPPKB Cekik, Gilimanuk, Arya di akhir operasi, Jumat (4/2/2022), mengatakan operasi fokus untuk memeriksa kendaraan atau truk over dimenstion and over loading (Odol) yang beroperasi di jalan umum wilayah Bali. Dari pengukuran sejumlah truk, ada empat unit yang melanggar dan dikandangkan.

Setiap kendaraan barang yang masuk ke penimbangan, dilakukan pengukuran dan empat di antaranya melebihi ukuran dimensi truk semestinya. Oleh pemilik, truk dimodifikasi dengan menambah dimensi, dengan harapan lebih banyak membawa muatan.

Baca juga :  Kasus Gigitan Anjing di Jembrana Bertambah

Menurut Arya, truk yang dimodifikasi over dimensi ini bukan pelanggaran lalu lintas biasa, sehingga petugas juga menerapkan sanski bukan hanya tilang melainkan pidana sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

Penyidik PNS dari Balai Perhubungan Darat telah melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk menjerat pemilik truk, dengan ancaman pidana tersebut. Pemberkasan sudah dilakukan dan menunggu untuk dilimpahkan untuk penuntutan dan ke pengadilan. Operasi semacam ini akan terus digencarkan, mengingat pemerintah mencanangkan pada 2023, jalan sudah bebas dari kendaraan odol. (120)

Baca juga :  Gerai Vaksinasi di Masjid Al- Hijrah BB Agung Diserbu Warga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini