Perpurnas RI Gairahkan Literasi di Buleleng

literasi 1
TALKSHOW - Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan, di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Jumat (11/2/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng bersama Perpustakaan Nasional (Perpurnas) RI menggandeng Duta Baca Indonesia, Pegiat dan Penulis Literasi mengadakan acara Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan, di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Jumat (11/2/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi khususnya pengetahuan dan keterampilan dalam menulis di kalangan masyarakat khususnya generasi muda di Kabupaten Buleleng.

Dalam kesempatan itu, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng, Nyoman Genep, menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.
“Mudah-mudahan dalam kegiatan ini masyarakat Buleleng, khususnya generasi muda untuk kembali bangkit mengasah kemampuannya dalam membaca dan menulis,” ucapnya.

Baca juga :  PHDI Diharapkan Mampu Bentengi Umat Hindu

Lebih lanjut Genep mengatakan, melalui tema “Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat” diharapkan Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI membantu di daerah Kabupaten Buleleng untuk mulai membangkitkan kemampuan menulis dan membaca masyarakat Buleleng, khususnya pada generasi muda.

Sementara itu, Deny Junaedi yang merupakan Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI mengaku telah melakukan survei dari tahun 2019 sampai 2021 di mana hasilnya kegemaran membaca sudah bagus. Melihat hal itu, Perpusnas RI memberikan stimulan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada setiap daerah. Selain itu, Perpusnas RI sudah mempunyai Perpusnas Pres untuk penulisan dan penerbitan bagi penulis yang belum bisa diterima. Selain menyasar masyarakat umum, pelatihan ini juga menyasar para ASN, karena para ASN sudah dituntut untuk kembali mengenal bagaimana pentingnya menulis maupun membaca. (118)

Baca juga :  Kasus Berdarah di Desa Pegayaman, Polsek Sukasada Gali Informasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini