Pemkab Gianyar Gelar Bulan Bahasa Bali

picsart 22 02 11 18 20 27 332
BULAN BAHASA - Peringatan Bulan Bahasa Bali di Gianyar, digelar di Balai Budaya Gianyar.

Gianyar, DENPOST.id

Pemkab Gianyar memperingati Bulan Bahasa Bali, dengan menggelar berbagai lomba selama dua hari di Balai Budaya Gianyar. Hari pertama lomba sekaligus pembukaan dilaksanakan, Rabu (9/2/2022), dengan menggelar lomba ngewacen lontar dan nyurat aksara Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, I Gusti Agung Sri Widiawati, Jumat (11/2/2022), mengatakan meski dalam masa pandemi Covid-19, tidak menyurutkan komitmen pemerintah untuk melestarikan budaya Bali. Bulan Bahasa Bali di Gianyar tahun 2022, tidak lepas dari tema Bulan Bahasa Bali Provinsi Bali, yakni “Danu Kerthi Gitaning Toya Ening” yang sudah tercantum dalam Undang-undang No 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang dikuatkan dengan Pergub Bali No 80 tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa Aksara, dan Sastra Bali, serta dilengkapi kembali dengan Surat Edaran Gubenur Bali Nomor 8352 tentang Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali IV di Provinsi Bali, dan kota/kabupaten se-Bali.

Baca juga :  Senin, 16 Orang Positif Covid-19 dan Satu Pasien Meninggal di Denpasar

Lomba yang dilaksanakan pada Bulan Bahasa Bali di Gianyar, yakni lomba nyurat aksara Bali tingkat SD, lomba ngewacen aksara Bali, lomba nyatua Bali, dan lomba pidarta bendesa adat. Nantinya juara dari perlombaan tersebut, akan dijadikan Duta Kabupaten Gianyar dalam lomba Bulan Bahasa Bali tingkat provinsi. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini