Advokat Togar Situmorang: Tetap Waspadai Penyebaran Omicron

togarku
Togar Situmorang (DenPost.id/ist)

BERBEKAL pengalaman pernah terpapar covid-19 pada Juni 2021, membuat advokat senior Togar Sotumorang, S.H., M.H., M.A.P., C.Med., C.L.A. mesti waspada setiap beraktivitas. Dia mengaku sangat berat ketika berjuang melewati serangan virus corona selama 21 hari dirawat di RS Bali Mandara, Sanur, Densel. Bahkan nyawanya nyaris melayang akibat virus yang kini bermutasi dengan varian terbaru Omicron ini.

‘’Saya harus selektif berhadapan dengan klien dari luar Bali. Kalau klien belum divaksin lengkap dan benar-benar sehat, maka saya tak mau terima. Semua harus mengikuti aturan pemerintah,’’ kata pengacara yang dijuluki Panglima Hukum ini pada Sabtu (12/2/2022).

Baca juga :  Pengunjung ke Pantai di Sanur Kaja Dibatasi

Bagi Togar Situmorang, kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup ini. Karena itu dia selalu memperketat perlindungan diri sendiri. ‘’Duit memang penting, tapi kesehatan jauh lebih penting,’’ tambahnya.

Dia mengaku bahwa kini dia terbiasa mengenakan masker saat beraktivitas di tempat-tempat umum, menjaga jarak, dan menerima vaksin anticovid-19 yang lengkap. ‘’Jangan lupa pula aplikasi PeduliLindungi,’’ tegas pria kelahiran Jakarta pada 18 Agustus 1966 ini.

Mengenai varian baru Omicron, Togar mengaku tetap mencermati penyebarannya, terutama di Pulau Dewata. Dia mengaku virus ini tetap berbahaya karena, menurut para ahli, virus ini bersarang di tenggorokan/hidung sehingga bisa membuat sesak napas. ‘’Jangan dianggap sepele setiap virus yang ada di bumi ini. Jika kita kena pasti ada dampaknya,’’ bebernya serius, sambil mengucap syukur karena dia selamat dari maut.

Baca juga :  Berpotensi Tularkan Covid-19, Satpol PP Bubarkan Kerumunan Ojol di RM Cepat Saji

Selain menjaga diri di luar rumah, Togar mengaku tetap memperhatikan kesehatan anggota keluarga di rumah. Terlebih kalau dia sehabis beracara di beberapa tempat di Bali maupun luar Bali. Dia mengajak anak-anaknya wajib divaksin anticovid-19, selalu mengenakan masker, dan menjauhi keramaian. Terlebih untuk saat ini varian Omicron sedang maraknya di Bali. Sedangkan bagi masyarakat, Togar mengimbau supaya mengikuti aturan pemerintah sebagaimana tertuang dalam PPKM Level 3 untuk Bali.

Baca juga :  Tanpa Suket, 13.310 Pengendara Sepeda Motor Dihalau Masuk Denpasar

Mengenai strategi ke depan agar terhindar dari covid-19, bakal calon (balon) DPR RI dari Partai Golkar untuk Jakarta Timur pada Pileg 2024 ini, mengaku harus rajin olahraga, berjemur setiap pukul 10.00, dan minum vitamin. ‘’Hal penting lagi selalu berpikiran positif alias jangan sampai stres. Pikiran positif juga bisa menambah imun tubuh kita,’’ tandas Togar Situmorang, tak henti-hentinya mengucap kemahakuasaan Yesus Kristus sesuai kepercayaannya. (yad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini