Tanpa Parade Ogoh-ogoh, Nyepi Diharap Tetap Berjalan Khidmat

nyepi jembrana 1
RAKOR - Rapat koordinasi penyusunan seruan bersama Hari Raya Nyepi yang diselenggarakan di Aula FKUB di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Rabu (16/2/2022) .

Negara, DENPOST.id

Rapat koordinasi penyusunan seruan bersama Hari Raya Nyepi diselenggarakan di Aula FKUB di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Rabu (16/2/2022). Rakor membahas terkait antisipasi dan kesiapan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1944 di tengah situasi pandemi Covid-19.

Ketua FKUB Jembrana yang juga Ketua PHDI Jembrana, I Komang Arsana, mengharapkan perayaan Hari Raya Nyepi di masa pandemi Covid-19 tetap khidmat meski tanpa ada parade ogoh-ogoh dan pembatasan kegiatan lainnya serangkaian Hari Raya Nyepi.
“Rapat ini dilaksanakan guna mengantisipasi dan menyamakan persepsi untuk umat Hindu yang melaksanakan Hari Raya Nyepi sehingga toleransi antar umat beragama terjalin dengan baik dan pelaksanaan Nyepi berjalan dengan aman, nyaman dan damai,” terangnya.

Baca juga :  Polres Jembrana Amankan Enam Unit Kendaraan Bodong

Dijelaskannya, untuk Hari Raya Nyepi Tahun 2022 Tahun Caka 1944 yang jatuh pada tanggal 3 Maret 2022, rangkaian kegiatan dimulai dari tanggal 28 Februari 2022 yaitu melasti, kemudian tanggal 2 Maret 2022 dilaksanakan kegiatan pangrupukan dan tanggal 3 Maret 2022 pelaksanaan hari Raya Nyepi Tahun Caka 1944.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, menyampaikan, berkaitan dengan pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun 2022 ini diharapkan PHDI Kabupaten Jembrana menyampaikan kepada masyarakat agar sama-sama saling menjaga keamanan dan ketertiban.
“Di samping itu, pelaksanaan pawai ogoh-ogoh yang merupakan sebuah tradisi dalam menyambut Hari Raya Nyepi yang mana telah dipertegas oleh PHDI Kabupaten Jembrana bahwasanya ditiadakan agar benar-benar diteruskan kepada lapisan masyarakat Jembrana sehingga dapat diterima dengan baik,” sarannya.

Baca juga :  Lagi, Satu Pasien Covid-19 di Jembrana Meninggal

Kapolres juga berpesan kepada para pimpinan umat beragama agar dapat saling pengertian dan saling menghormati serta mendukung pelaksanaan kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun 2022 sehingga dapat berjalan dengan aman dan nyaman.
“Kami dari instansi Polri bersinergi dengan TNI akan tetap mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun 2022 ini dalam rangka pengamanan guna terciptanya situasi tertib, aman, dan kondusif,” tegasnya. (120)

Baca juga :  Babinsa Tegalcangkring Bantu Pembangunan Candi dan Saluran Irigasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini