Bupati Luncurkan E-Ticketing dan Logo Ikon Pariwisata Bangli

kerja 1
PELUNCURAN - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, saat memencet tombol sebagai tanda diluncurkannya e-ticketing dan logo pariwisata Bangli di Objek Wisata Penelokan, Kintamani, Kamis (17/2/2022). DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Untuk menunjang peningkatan kualitas destinasi pariwisata di Kabupaten Bangli, Pemerintah Kabupaten Bangli menyiapkan sistem pemungutan retribusi yang mengadopsi kemajuan teknologi dengan menggunakan E-Ticketing. Demikian ditegaskan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, saat meluncurkan e-Ticketing dan logo ikon pariwisata Kabupaten Bangli di Objek Wisata Penelokan Kintamani, Kamis, (17/2/2022). Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar; anggota Forkopimda Bangli, Sekda Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra; Jro Gde Batur Duuran, serta aparat instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Sedana Arta mengatakan, pariwisata di Kabupaten Bangli sudah mengalami perkembangan yang sangat baik serta mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dengan multiflier effect-nya. “Kabupaten Bangli memiliki objek wisata yang menarik yang tidak dimiliki daerah lain di Bali bahkan di Indonesia,” tegasnya.

Baca juga :  TMMD Dimulai, Buka Akses Jalan Sepanjang 850 Meter di Desa Pengotan

Sistem ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan pariwisata kepada wisatawan dan dapat menjadi solusi yang tepat terhadap masalah retribusi kita di Kabupaten Bangli. Pihaknya berharap dapat menjadi awal yang baik dalam meningkatkan citra positif pariwisata Kabupaten Bangli serta dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangli dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangli.

Menurut Sedana Arta, salah satu strategi dalam melakukan pemasaran pariwisata Kabupaten Bangli yakni dengan membuat logo dan branding pariwisata. Branding suatu destinasi merupakan sesuatu yang digunakan untuk mengembangkan identitas unik dan kepribadian yang berbeda dari semua destinasi yang ada. “Mudah-mudahan dengan launching E-Ticketing ini akan memberikan kepercayaan kepada pemerintah Kabupaten Bangli khususnya dinas pariwisata untuk lebih banyak lagi kawan-kawan wisatawan datang ke Kabupaten Bangli dengan pelayanan yang lebih baik, lebih transparansi dan akuntabel. Harapannya supaya pariwisata Kabupaten Bangli pada umumnya dan Kintamani pada khususnya lebih dipercaya oleh wisatawan itu sendiri,” ujarnya.

Baca juga :  Pengelolaan Pasar Seni Sukawati Blok C Diserahterimakan

Terkait dengan pos e-ticketing, lanjutnya, dalam beberapa hari ke depan semua pintu masuk yang terdiri dari 8 pintu masuk kawasan pariwisata Kintamani sudah menggunakan e-ticketing. “Untuk kawasan pariwisata Kintamani kita memang buka secara total, tetapi kembali lagi bahwa di masing-masing objek harus semuanya sudah memakai prokes yang ketat, seperti PeduliLindungi, memakai masker, jaga jarak, hand sanitizer, dengan kapasitas maksimal 50 tempat duduk yang boleh diisi,” paparnya.

Baca juga :  Suiasa Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Canggu

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiartha, dalam laporannya mengatakan, e-Ticketing ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan. Begitu pula dengan logo, diharapkan dapat menciptakan citra baru dalam perkembangan Pariwisata Kabupaten Bangli dan menciptakan efek positif terhadap ekonomi Kabupaten Bangli. (c/128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini