
Mangupura, DENPOST.id
Dalam rangka meningkatkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik pada setiap instansi dan unit kerja, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bekerjasama dengan Kemendagri, Kemenkominfo, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI, akan menyelenggarakan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4). Acara yang berlangsung secara virtual ini, diikuti Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa, didampingi Asisten Administrasi Umum Cok Raka Darmawan, dan OPD terkait, di Puspem Badung, Kamis (17/2/2022).
Panitia Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang disampaikan Asisten Deputi Transformasi Digital Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yanuar Ahmad mengatakan tujuan pelaksanaan launching kompetisi P4, yakni menjaring, mendokumentasikan, mendesiminasikan dan mempromosikan pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Pada tahun 2022, ada penambahan kementerian ikut dalam kompetisi P4 adalah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai anggota baru.
“Kegiatan launching hari ini bertanda dimulainya kompetisi P4, di mana selanjutnya juga akan disampaikan sosialisasi tahapan kompetisi oleh Kementerian PAN-RB dan penjelasan teknis mengenai pelaksanaan kompetisi.,” jelasnya.
Sementara Sekda Adi Arnawa yang ditemui seusai acara mengatakan Kompetisi P4 dimulai pada, Februari 2022. Di mana, pendaftaran peserta dibuka melalui situs yang telah disiapkan dan selanjutnya akan dilakukan evaluasi dokumen oleh tim penilaian. “Kegiatan ini akan dibuka pada 18 Februari 2022 sampai dengan tanggal 14 April 2022. Di mana, nantinya akan dipilih 51 peserta terbaik yang terdiri dari 6 Instansi pemerintah, 30 instansi pemerintah umum dan 15 perwakilan dari unit penyelenggara pelayanan publik,” ujarnya. (a/115)