Polisi Amankan 9 Ekor Penyu Hijau Selundupan

penyu baru 1
PENYU HIJAU - Kapolres Jembrana ketika mengecek kondisi 9 penyu hijau selundupan yang diamankan di Pengambengan dan kini dititip di penangkaran penyu Kurma Asih Desa Perancak, Jembrana.

Negara, DENPOST.id

Jajaran Polres Jembrana mengamankan 9 ekor penyu hijau yang diduga selundupan dari Jawa Timur. 9 ekor penyu yang salah satunya diduga berusia 90 tahun itu diamankan di dalam perahu fiber yang bersandar di perairan Pengambengan, Kecamatan Negara, Kamis (17/2/2022) sore. Kini 9 ekor penyu tersebut dititipkan di penangkaran penyu di Kelompok Kurma Asih di Perancak, Kecamatan Jembrana.

Sembilan ekor penyu dengan ukuran panjang terbesar 104 cm dengan perkiraan umur 90 tahun ini diduga hendak diselundupkan ke Bali.
Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, didampingi Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP M. Reza Pranata; Kasatpol Air Polres Jembrana, AKP Putu Raka Wiratma dan Ketua Kelompok Konservasi Penyu Kurma Asih, Wayan Anom Astika Jaya, Jumat (18/2/2022) mengatakan, penangkapan ini bermula dari informasi masyarakat, di salah satu perahu fiber yang bersandar diduga mengangkut penyu.

Baca juga :  Nelayan Minta Permen KP 18 Dikecualikan di Jembrana

Sat Polair Polres Jembrana lantas melakukan pengecekan ke lokasi dan ditemukan penyu-penyu ini di bagian bawah perahu.
Dikatakan Juliana, pihaknya masih melakukan pendalaman, siapa yang bertanggung jawab atas penyu tersebut. “Sementara seluruh penyu kita titipkan di penangkaran ini dan selama penanganan dilakukan,” kata Juliana.

Dari penelusuran awal, polisi masih mendalami pelaku dan meminta keterangan dari MD asal Banyuwangi yang memiliki perahu tersebut. Sementara dari penanganan awal, saat ditemukan kondisi penyu masih hidup.
“Kami masih melakukan pendalaman dan berkoordinasi dengan BKSDA,” imbuh Juliana.

Baca juga :  Atlet Jembrana Siap Berlaga di PON XX Papua

Sementara Ketua Kelompok Konservasi Penyu Kurma Asih, Wayan Anom Astika Jaya, mengatakan, secara umum semua penyu kondisinya sehat. Namun lebih lanjut akan ada tim yang akan melakukan pengecekan. “Semua jenis penyu hijau. Penyu hijau merupakan primadona dari penyu,” katanya.

Kasatpol Air Polres Jembrana, AKP Putu Raka Wiratma, menambahkan, iperkirakan penyu hijau ini tujuannya untuk dikonsumsi. “Kini perahu kami amankan di depan pos Polair Pengambengan,” tandasnya. (120)

Baca juga :  Masuk Bali Lewat Gilimanuk, Warga Harus Bawa Syarat Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini