Ulat Bulu Serang Pohon dan Kamar Mandi Warga Yeh Mecebur

picsart 22 02 20 17 56 08 891
ULAT BULU - Ulat bulu menyerang kamar mandi milik warga Yeh Mecebur, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo.

Negara, DENPOST.id

Sejak beberapa hari belakangan ini, ulat bulu menyerang warga Banjar Yeh Mecebur, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana. Serangan ulat bulu ini, sempat membuat panik salah seorang warga.

Ribuan ulat bulu, memakan habis daun di pohon Kedondong milik warga dan sampai masuk kamar mandi. Kebun milik warga yang diserang ulat bulu, yakni milik I Nyoman Rama (53).

Nyoman Rama, Minggu (20/2/2022), mengatakan kejadian tersebut sudah sepekan terjadi. Serangan ulat bulu, baru sekali ini terjadi selama puluhan tahun ia mendiami rumah tersebut. “Jadi, kejadian ini tentu membuat saay panik. Sebab, baru pertama kali kejadian begini. Daun kedondong saya habis. Kalau dulu ada kupu-kupu juga tidak pernah ada. Ya.. biasa-biasa gini saja,” katanya.

Rama menuturkan saat ini kondisi kebun atau pohon Kedondong miliknya hanya tinggal buahnya saja. Sedangkan daun sudah ludes dimakan ulat bulu. Karena sudah habis dedaunannya, kemudian ulat bulu bermigrasi ke pohon lainnya. Tepat di sebelah pohon Kedondong ada pohon Mangga yang kini diserbu ulat bulu.
Menurut dia, bahwa ulat bulu tentu saja akan membuat gatal tubuh seseorang yang dihinggapi.

Baca juga :  Banjir Bandang di Pekutatan, 16 KK Terdampak

Untuk penanganan, kata dia, dengan penyemprotan pestisida atau gas. Tapi dirinya juga tidak tahu apakah memang bisa atau tidak, nanti ulat bulu ini akan mati. Karena memang ini baru sekali terjadi di rumahnya dan wilayah Banjar Yeh Mecebur.

Sementara Perbekel Desa Penyaringan, Made Dresta mengakui untuk pohon Kedondong memang sering dimakan ulat bulu. Kondisi saat dirinya mengecek melalui kelian banjar memang ulat bulu tinggal sedikit dan sudah diperintahkan kepada pihak keluarga untuk menyemprot dengan pestisida yang diberikan kelian banjar. (120)

Baca juga :  Hujan Es Guyur Desa Batur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini