Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Penyelundupan Penyu

picsart 22 02 20 17 56 56 273
PENANGKARAN PENYU - Penyu hijau yang diamankan Polres Jembrana, kini dititipkan di penangkaran penyu di Kelompok Kurma Asih di Perancak.

Negara, DENPOST.id

Polisi masih terus mengembangkan kasus penyelundupan penyu hijau yang diamankan, Kamis (17/2/2022), di pesisir Pengambengan, Kecamatan Negara. Dari informasi, polisi sudah menetapkan tersangka dalam kasus penyelundupan penyu hijau tersebut.

Namun Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, Minggu (20/2/2022), dikonfirmasi meminta bersabar karena akan diekspos, Senin (21/2/2022). “Senin kami ekspos dan sudah ditetapkan tersangka,” jelasnya, lewat pesan whatshapp (WA).

Baca juga :  Uji Usap Covid-19 di Dua Sekolah, Hasilnya Negatif

Diberitakan sebelumnya, jajaran Polres Jembrana mengamankan sembilan ekor penyu hijau yang diduga selundupan dari Jawa Timur. Sembilan ekor penyu yang salah satunya berusia 90 tahun itu, diamankan di dalam perahu fiber yang bersandar di perairan Pengambengan, Kecamatan Negara.

Kini ke-9 ekor penyu tersebut, dititipkan di penangkaran penyu di Kelompok Kurma Asih di Perancak, Kecamatan Jembrana.

Sembilan ekor penyu dengan ukuran panjang terbesar 104 cm dengan perkiraan umur 90 tahun ini, diduga hendak diselundupkan ke Bali. Penangkapan ini, bermula dari informasi masyarakat di salah satu perahu fiber yang bersandar diduga mengangkut penyu.

Baca juga :  Petugas Keswan Jembrana Cek Kesehatan Hewan Kurban

Sementara Ketua Kelompok Konservasi Penyu Kurma Asih, Wayan Anom Astika Jaya mengatakan secara umum semua penyu kondisinya sehat. “Semua jenis penyu hijau. Penyu hijau merupakan primadona dari penyu,” katanya.

Ukuran penyu tersebut, ada yang paling besar dengan krapas panjang 104 cm, panjang 100 cm, paling kecil panjang 46 cm dan lebar 44 cm. Usia penyu paling tua 90 tahun dan paling kecil 1 sampai 2 tahun.
“Setelah ada hasil pengecekan kondisi kesehatan penyu-penyu, segera kita lepasliarkan ke habitatnya. Lebih cepat lebih baik,” ujar Astika Jaya. (120)

Baca juga :  Bupati Agus Suradnyana Dukung Penuh Terwujudnya WBK dan WBBM Zona Integritas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini