Satgas Covid-19 Buleleng : Vaksinasi Primer Diulang Jika Mengalami Drop Out

picsart 22 02 20 17 57 37 656
TARGET VAKSINASI - Pelayanan vaksinasi yang terus digencarkan untuk mencapai target.

Singaraja, DENPOST.id

Satgas Covid-19 Buleleng, terus berupaya dalam pencapaian target vaksinasi. Karena untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, vaksinasi Covid-19 perlu diberikan lengkap, baik dosis primer maupun dosis booster minimal enam bulan; setelah dosis primer.

Demikian disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, Minggu (20/2/2022).

Lebih lanjut Suwarmawan menerangkan sesuai dengan rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) per 11 Februari 2022, bagi masyarakat yang mengalami drop out dalam rentang waktu kurang dari enam bulan dapat diberikan vaksin kedua, dengan platform yang berbeda sesuai ketersediaan di masing-masing daerah. “Bagi sasaran yang mengalami drop out dalam waktu lebih dari enam bulan, maka vaksinasi primer harus diulang dan vaksinasinya dapat menggunakan platform yang berbeda dari vaksin semula,” jelasnya.

Tidak hanya itu, mengingat saat ini vaksin Sinovac yang didistribusikan jumlahnya terbatas dan diperuntukkan bagi sasaran anak usia 6-11 tahun, maka sasaran yang drop out dapat menggunakan vaksin dengan platform berbeda yang tersedia untuk melengkapi dosis keduanya dengan mengutamakan vaksin yang memiliki masa ED (Expired Date) terdekat.

Baca juga :  Terdakwa Korupsi Penjualan Air Tangki PDAM di Nusa Penida Dituntut 17 Bulan Penjara dan Denda Rp 50 Juta

“Jangan takut vaksin, hanya cuss…sedikit berarti kita sudah bisa melindungi diri, keluarga dan orang lain dari bahayanya virus Covid-19. Dan ingat jangan mudah termakan berita hoaks yang banyak beredar tentang vaksin. Astungkara, jika seluruh masyarakat sudah tervaksin lengkap maka akan terbentuk kekebalan kelompok yang pada akhirnya bisa mengendalikan pandemi,” ujar Suwarmawan. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini