Lomba Ogoh-ogoh, Pengusung Maksimal 25 Orang dan Wajib Antigen

picsart 22 02 23 20 06 24 748
RAKOR NYEPI - Rapat koordinasi perayaan Nyepi Tahun Saka 1944, di Kantor Camat Gianyar, Rabu (23/2/2022).

Gianyar, DENPOST.id

Serangkaian perayaan hari raya Nyepi Tahun Saka 1944, Camat Gianyar mengumpulkan stakeholder, para kepala desa, bendesa dan yowana. Dalam rapat yang dipimpin Camat Gianyar, I Komang Alit Adnyana, dihadiri Kapolsek Gianyar, Kompol I Gede Putu Putra Astawa; Danramil Gianyar, Kapten Inf Hengky Histovery; Ketua Majelis Alit Kecamatan Gianyar, kepala desa/lurah, bendesa dan para yowana, di Kantor Camat Gianyar, Rabu (23/2/2022).

Dalam rapat yang berlangsung cukup lama dan ada sesi tanya jawab, rapat koordinasi (Rakor) disimpulkan diselenggarakan pawai/pengarakan ogoh-ogoh di Kecamatan Gianyar. Dalam pengarakan ogoh-ogoh oleh para yowana yang bertanggungjawab penuh, yakni bendesa adat dan kepala desa di wilayah. Selain itu, pengusung ogoh-ogoh wajib jalani Swab Antigen yang dilaksanakan H-1 pangrupukan dan untuk waktu, serta tempat akan ditentukan lebih lanjut.

Baca juga :  Keluhkan Dana Hibah, Dewan Kuta Minta Lakukan Ini

Sedangkan pengusung ogoh-ogoh maksimal 25 orang, penonton di depan rumah masing-masing dan tidak boleh bersama- sama ikut pawai. Saat pengusungan ogoh- ogoh dilarang membagikan foto dan video.

Camat Gianyar, I Komang Alit Adnyana mengatakan terkait pelaksanaan Nyepi Caka1944 sesuai edaran dari MDA, serta penyampaian Gubernur Bali, dalam situasi Covid-19, pihaknya berrharap dan saling berkomunikasi terkait kesiapan teknis pelaksanaan pengusungan ogoh-ogoh, sehingga seluruhnya dapat berjalan dengan aman lancar. Mengingat, situasi pandemi Covid-19 segala ketentuan harus ditaati dan nantinya dari yowana dapat menyampaikan terkait dengan teknis pelaksanaan lomba ogoh-ogoh.

Baca juga :  Motivasi Warga Ikut Vaksinasi, Polres Klungkung Siapkan Hadiah Motor

Sementara Danramil Gianyar, Kapten Inf. Hengky Histovery menyampaikan semua melakukan koordinasi dan komunikasi, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan Nyepi dapat berjalan aman lancar. Pihaknya dari TNI siap melakukan dan di-backup Polri dalam pengamanan rangkaian Nyepi.

Kapolsek Gianyar, Kompol I Gede Putu Putra Astawa berharap tidak ingin adanya permasalahan serangkaian pelaksanaan Nyepi yang dalam hal ini prajuru di desa memiliki andil untuk ikut mengarahkan, mengamankan, serta bertanggungjawab atas keamanan diwilayahnya, khususnya pada saat pengarakan ogoh-ogoh. (116)

Baca juga :  Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Rentan di Badung Baru Capai 46,2 Persen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini