Pengamanan Nyepi, TNI dan Polri Bersinergi Dengan Pecalang dan Sipandu Beradat

husein 1
Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf

Sumerta, DENPOST.id

Untuk pengamanan Nyepi pada 3 Maret mendatang, Personel TNI Korem 163/ Wira Satya akan bersinergi dengan lembaga adat Pecalang dan Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat(Sipandu Beradat). TNI akan memberi dukungan penuh untuk memastikan Nyepi berlangsung lancar dan tertib. Hal itu disampaikan Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, pada Kamis (24/2/2022).

“Kita akan membantu Pemda, karena pada dasarnya ada pengamanan dari swadaya masyarakat seperti pecalang, sipandu beradat, jadi lebih meringankan tugas kita,” ungkapnya.

Baca juga :  Tabung Gas Bocor, Coffee Shop Terbakar

Kendati keamanan di Bali relatif kondusif, dia memastikan TNI akan mendukung penuh pengamanan Nyepi. “Sampai saat ini sangat kondusif, tidak ada yang mengkhawatirkan karena Bali beda dengan wilayah lain. Adatnya sangat kuat, dan tokoh adat sangat baik, FKUB juga berjalan baik,” kata Danrem.

Sejalan dengan itu, Polresta Denpasar juga melakukan koordinasi dengan Pecalang. Salah satunya berlangsung di Denpasar Utara belum lama ini. Wakil Kapolresta Denpasar, AKBP Wayan Jiartana, mengatakan, peran pecalang sangat strategis dalam menjaga keamanan di tingkat desa. Untuk itu di berharap unsur pecalang di Kota Denpasar dapat bersinergi dengan TNI dan Polri.

Baca juga :  Gubernur Tegaskan Sektor Non Esensial Ditutup dan Resepsi Ditiadakan

Kata dia, selain pengamanan Nyepi, pengamanan pelaksanaan G20 juga ikut menjadi tanggung jawab pecalang dan masyarakat Bali. Dia juga mengajak masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga pendemi dapat terkendali. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini