Desa Adat Buleleng Gelar Tawur Agung Kasanga

picsart 22 03 02 17 33 52 490
TAWUR AGUNG - Upacara Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Agung Desa Adat Buleleng, Rabu (2/3/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Serangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra bersama Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, dan sejumlah pejabat Pemkab Buleleng, menghadiri upacara Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Agung, Desa Adat Buleleng, Rabu (2/3/2022).

Pelaksanaan Tawur Agung Kesanga ini dipuput Ida Pedanda Gede Putra Manuaba, Geria Taman Manuaba, Desa Kubutambahan; Ida Sri Bhagawan Rama Sogata, Geria Dalem Cili Ularan, Kelurahan Sukasada; Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Kertas Nanda, Geria Taman Kertha, Banjar Taman, Desa Bubunan; Ida Bhagawan Dharma Putra Yoga, Geria Agung Bhuana Agung, Desa Pelapuan, Kecamatan Busungbiu dan Ida Pandita Mpu Manik Jaya Kerti, Geria Kundalini Sari, Banjar Dinas Abasan, Panji.

Baca juga :  Kapal Terbakar, 9 ABK Selamat

Dalam kesempatan itu, Sutjidra menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan Tawur Agung Kesanga ini menjadi salah satu rangkaian dalam perayaan Catur Brata Penyepian. Di mana, hal ini bertujuan membersihkan serta menyeimbangkan Bhuana Agung dan Bhuana Alit.

Sutjidra mengharapkan kepada masyarakat Buleleng agar bisa melaksanakan Catur Brata Penyepian dengan baik. “Semoga di hari suci ini kita semua damai serta mendapat kebahagiaan. Di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini, kami dan dan masyarakat Buleleng mengharapkan agar pandemi Covid-19 cepat melandai,” ucapnya.

Baca juga :  235 ASN Disdikpora Buleleng Lakukan Tes Urine

Dia mengajak seluruh masyarakat Buleleng dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944 ini supaya bisa intropeksi diri agar ke depannya Buleleng menjadi lebih baik.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Kelian Desa Adat Buleleng, Nyoman Sutrisna, menyampaikan pelaksanaan Tawur Agung Kesanga ini diawali dengan membentuk panitia. Di mana dalam bentuk panitia itu sudah berkoordinasi dengan instansi terkait baik dalam melakukan kegiatan persiapan dan pelaksanaan Catur Brata Penyepian.

Baca juga :  Kurang Hati-hati, Pengendara Scopy Seruduk Pejalan Kaki

“Pelaksanaan ini kita dahului dengan pecaruan yang ada di Pura Desa dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10 pagi. Lalu setelah itu kita melakukan persembahyangan bersama di Catus Pata Agung,” ungkapnya.

Sutrisna juga meminta krama yang hadir tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi tugas kami di desa adat ini, mewakili krama yang ada di Desa Adat Buleleng dan Kabupaten Buleleng, semoga pelaksanaan Catur Brata Penyepian berjalan lancar,” ujarnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini