Merah-Kuning Bingungkan Pengendara di’’Traffic Light’’ Tohpati

sabtu lampu
MERAH-KUNING - TL di perempatan Tohpati, Dentim, yang menyala merah dan kuning saat bersamaan pada Jumat (4/3/2022). (DenPost.id/doflank)

Tohpati, DenPost.id

Gangguan traffic light (TL) alias lampu pengatur lalu lintas di perempatan Jl.W.R.Supratman-Jl.Gatot Subroto (Gatsu)-Jl.By-pass Ngurah Rai, Tohpati, Denpasar Timur (Dentim), mencapai puncaknya pada Jumat (4/3/2022). Para pengendara, khususnya yang datang dari arah Gianyar menuju Kota Denpasar, kebingungan karena saat itu lampu menyala merah dan kuning secara bersamaan. Kondisi ini terjadi sejak Jumat pagi atau sehari pascahari suci Nyepi setelah ada pemadaman TL sehari penuh.

Baca juga :  SE 04/2021 Ditujukan Kepada Pimpinan, Tak Wajib Namun Imbauan

Pantauan DenPost.id, gangguan TL di perempatan Tohpati ini sejatinya terjadi sejak lama, namun tidak mendapat perhatian dari dinas terkait. Sebelum gangguan puncak, sinar TL di keempat jurusan sering kedap-kedip, bahkan menjurus rusak. Puncaknya, pada Jumat, sinar TL benar-benar ‘’korslet’’ sehingga membuat arus lalu lintas (lalin) kacau, bahkan nyaris terjadi kecelakaan.

‘’Sejumlah pengendara kendaraan yang datang dari arah Gianyar menerobos TL karena mengira lampu warna merah menuju kuning atau sebaliknya dari kuning menuju merah. Sedangkan para pengendara dari arah Jl.By-pass Ngurah Rai ada yang diam dan ada yang bergerak. Ini jelas membahayakan, apalagi tak ada polisi yang mengatur di sana,’’ ujar Wayan Karja, warga Gianyar, saat menuju Kota Denpasar.

Dia menambahkan petugas terkait yang menangani khusus TL kurang turun ke bawah mengecek setiap TL di Kota Denpasar. TL yang mati atau rusak dibiarkan saja sehingga membahayakan para pengendara. ‘’Jangan menunggu laporan melulu, tapi harus sering mengecek setiap TL. Jangan biarkan rusak berhari-hari,’’ tandas Karja.

Baca juga :  Barang-barang Berharga Raib, Agung Mirah Diduga Kuat Dirampok

Hingga Jumat malam, TL yang terganggu itu belum juga diperbaiki petugas karena kebetulan hari libur Ngembak Gni, dimana semua instansi masih tutup. (yad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini