Lahan Bekas Pasar Loak di Jalan Gunung Agung Jadi TPS Liar

picsart 22 03 06 13 50 37 054
SAMPAH MENGGUNUNG - Gundukan sampah yang menggunung di lahan bekas Pasar Loak di Jalan Gunung Agung Denpasar, Minggu (6/3/2022)

Pemecutan, DENPOST.id

Keberadaan lahan bekas Pasar Loak di Jalan Gunung Agung, Lingkungan Mertayoga, Kelurahan Sesetan, Denpasar Barat, kini menjadi lahan tak terurus. Sempat mencuat lahan ini akan dibangun gedung baru untuk Kantor Camat Denpasar Barat, namun rencana itu akhirnya lenyap seiring waktu dan berganti akan dibangun pusat kesehatan ibu dan anak.

Lagi-lagi rencana ini juga hanya sebatas wacana saja. Lambat laun, lahan inipun akhirnya tak terurus dan parahnya lagi dijadikan tempat pembuangan sampah. Dari awalnya dijadikan tempat pembuangan sampah dengan disiapkannya kontainer. Namun seiring kebijakan yang ada, kontainer untuk pembuangan sampah di lokasi inipun ditarik.

Baca juga :  Pandemi Melandai, Gubernur Koster: Masyarakat Mesti Tetap Waspadai Mutasi Covid-19

Kini, lahan eks Pasar Loak ini jadi tempat pembuangan sementara (TPS) untuk sampah. Dari awalnya berjumlah sedikit dan lambat laun semakin banyak. Bahkan sampah mulai terlihat menggunung di lahan itu.

Gundukan sampah yang menggunung inipun, belakangan dikeluhkan warga sekitar. Mengingat, selain tak sedap dipandang mata juga menebarkan bau menyengat. “Sampah di lahan ini banyak sekali pak. Lihat saja sampai gundukan sampahnya kayak gunung. Belum lagi kami warga sekitar mencium bau tidak enak dari sampah ini,” kata salah seorang warga yang enggan namanya ditulis, Minggu (6/3/2022).

Baca juga :  Didatangi Pol.PP, Korban Mafia Tanah Ketakutan

Kata warga inilagi, sampah yang semakin banyak ini sudah ada setelah hari raya Galungan dan Kuningan, tahun lalu. “Kami minta perhatian pemerintah, kenapa lahan bekas Pasar Loak ini dijadikan tempat pembuangan sampah. Apa tidak ada lahan lain dan kenapa mesti di sini (lahan eks Pasar Loak-red),” ketusnya.

Sementara Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Ketut Adi Wiguna yang dikonfirmasi mengaku DLHK Kota Denpasar sudah melakukan tindaklanjut terkait sampah yang menggunung di lahan bekas Pasar Loak. “Kami sekarang ini lagi melakukan atensi dengan melakukan pembersihan sampah di lahan bekas Pasar Loak ini. Menjelang sore semua sampah yang menumpuk di lahan ini baru bisa bersih,” katanya, seraya menyebutkan alat berat untuk mengangkut sampah sebelumnya lagi bermasalah dan sudah diperbaiki.

Baca juga :  Antisipasi Virus Corona, Dewan Bali Minta Lakukan Ini

Ditanya setelah sampah di lahan bekas Pasar Loak bersih, lalu lahan ini apakah tetap dijadikan TPS? Adi Wiguna menyatakan lahan ini untuk sementara dijadikan TPS untuk warga di wilayah Denpasar Barat. “Sementara kami jadikan TPS dulu untuk mengakomodir sampah warga yang ada di wilayah Denpasar Barat, khususnya di Kelurahan Pemecutan dan Kelurahan Padangsambian. Untuk pembuangan sampah akan dibatasi,” tandasnya. (112)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini