Gubernur Koster Optimis Tambahan 30 Persen Vaksinasi ‘’Booster’’ Tercapai

karang
TINJAU VAKSINASI - Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Bupati Karangasem I Gede Dana saat meninjau vaksinasi booster secara massal di Karangasem, pada Minggu (6/3/2022). (DenPost.id/ist)

Semarapura, DenPost

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mengejar target menambah 30 persen capaian vaksinasi dosis 3 atau booster. Untuk itu Gubernur Bali Wayan Koster meninjau vaksinasi booster secara massal dan serentak masing-masing di Klungkung, Bangli dan Karangasem, pada Minggu (6/3/2022). Saat di Balai Budaya Klungkung, Semarapura, Gubernur Koster menyebut bahwa tambahan 30 persen ini ditarget tercapai dalam empat hari ke depan. “Data Sabtu (5/3/2022) vaksinasi baru mencapai 20,78 persen. Jadi masih kurang. Sedangkan untuk Klungkung, targetnya 143 ribu dan baru 18 persen (capaiannya). Minimal perlu 16 ribu vaksinasi lagi,” tegas Gubernur.

 

Menurutnya, jika  dalam sehari minimal bisa dilakukan vaksinasi untul lima ribu, maka angka yang dicapai  bisa 20 ribu vaksinasi dalam empat hari. “Bisa lebih dari target jadinya. Pada 10 Maret 2022 paling lambat tambahan 20 ribu vaksinasi booster bisa tercapai di Klungkung. Target ini  bisa dicapai,” lanjut Gubernur Koster.

Dia mencontohkan dalam vaksinasi serentak di Balai Budaya Klungkung, dari target 600 orang, bisa dikebut hingga 1.000 orang. Dalam dua jam saja, sebanyak 250 orang yang mampu divaksin. Melihat kondisi itu, Koster optimis target 30 persen tercapai. Dia memastikan bahwa ketersediaan vaksin untuk Bali sangat aman.

Baca juga :  ODP di Karangasem Melonjak Jadi 52 Orang

“Ini komitmen kita di Bali. Bersama untuk dikerjakan oleh bupati, walikota, desa adat dan jajaran, untuk percepatan pemulihan pariwisata,” tegas Ketua DPD PDIP Bali ini.

Vaksinasi serentak yang bekerjasama dengan Polri dan Polda Bali ini, menyasar 1.000 untuk warga umum dan siswa SMA/SMK berusia 18 tahun ke atas.

Setelah dari Klungkung, Gubernur Koster mengunjungi vaksinasi booster di Wantilan Desa Taman Bali, Bangli. “Di Bangli, baru tercapai 29 ribu. Masih kurang 9 persen untuk bisa sampai 30 persen. Saya harap jumlah ini bisa diselesaikan dalam waktu empat hari sampai 10 Maret 2022. Mohon Pak Bupati dan jajaran bekerja keras untuk ini. Stok vaksin kita sangat memadai. Tidak perlu khawatir,” tegas Koster.

Baca juga :  Kasus Positif Ditemukan di Sekolah, Tim Gabungan Sasar Sekolah

Sedangkan dr.Mahendra, selaku ketua tim vaksinator dari Puskesmas Taman Bali menargetkan untuk hari pertama di Desa Tamanbali bisa menjangkau hingga 200 warga dan terus meningkat hingga empat hari ke depan. Pelayanan yang didukung vaksinator kepolisian itu dibuka hingga pukul 13.00 setiap hari.

Selanjutnya Gubernur Koster meninjau vaksinasi booster serentak di Bale Banjar Desa Menanga Kangin, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Dengan didampingi Bupati Karangasem I Gede Dana, Gubernur menyebutkan bahwa peninjauan tersebut dilaksanakan guna percepatan vaksinasi booster ke masyarakat khususnya di Karangasem.

“Melihat di Karangasem capaian vaksinasi booster juga masih rendah yakni baru 7 persen atau 20 ribuan dari target 100 ribu orang, maka masih perlu hampir 80 ribu lagi. Untuk itu kami menangani vaksinasi berbasis desa yang menyasar 78 titik, dengan target 200 orang per hari,” imbuhnya.

Baca juga :  KPK dan Gubernur Koster Tingkatkan Pendidikan Anti-korupsi Lewat Desa Adat

Dari jumlah tersebut, Gubernur Koster yakin tidak kurang 16 ribu orang mampu terlayani vaksin booster dalam sehari atau bisa mencapai 80 ribu lebih untuk waktu empat hari ke depan.

‘’Saya minta Pak Bupati menyelesaikan minimal 30 persen jumlah tersebut sebagai komitmen Provinsi Bali mencapai jumlah itu untuk pembukaan pintu internasional dan pemulihan pariwisata,” tandas Gubernur Koster.

Sementara itu, Made Windra, salah seorang  vaksinator, menyebutkan bahwa untuk Desa Menanga, target harian untuk vaksinasi booster yakni 300 warga prioritas.

Setelah Desa Menanga, Gubernur Koster juga meninjau vaksinasi booster serentak  di areal parkir Terminal Kedungdung, kawasan Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Koster memberikan semangat ke sejumlah pemangku/pemuka adat di kawasan Besakih. (wir)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini