Sembilan Ekor Penyu Dilepasliarkan

picsart 22 03 08 16 07 59 279
LEPAS LIAR - Barang bukti 9 ekor penyu yang kasusnya kini masih diproses hukum dilepasliarkan di Pantai Perancak, Kecamatan Jembrana.

Negara, DENPOST.id

Barang bukti 9 ekor penyu hijau, yang diamankan di dalam perahu di perairan Pengambengan akhirnya dilepasliarkan, Selasa (8/3/2022) di perairan Perancak, Kecamatan Jembrana. Penyu hasil sitaan Polres Jembrana itu sebelumnua dititip dan dirawat di
penangkaran Penyu Kurma Asih Banjar Mekar Sari, Desa Perancak, Kecamatan/Kabupaten Jembrana.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Bali yang diwakili KSBTU Prawono Meruwanto, mengucapkan terima kasih kepada Polres Jembrana dan penangkaran Kelompok Pelestari Penyu Kurma Asih Perancak yang berhasil menangkap dan mengamankan serta merawat 9 ekor penyu ini. Populasi penyu hijau saat ini sudah sangat langka. “Kita akan kembalikan ke habitatnya dengan tujuan agar mereka dapat berkembang biak di laut bebas,” jelasnya.

Baca juga :  Bupati Artha Tekankan Kreativitas Tingkatkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Penyu yang dilepasliarkan tersebut katanya sudah dicek kesehatan dan dinyatakan sehat. “Penyu dalam kondisi sehat dan semangat mencari air,” jelasnya.
Dikatakan masyarakat memang harus terus diedukasi terkait satwa yang dilindungi sehingga ekosistemnya tetap terjaga dengan baik.

Kapolres Jembrana menyampaikan, kegiatan pelepasliaran penyu merupakan rangkaian dari hasil penangkapan tanggal 17 Februari 2022 yang saat ini masih dalam proses hukum, di mana Polres Jembrana tetap bersinergi dengan instansi terkait, BKSDA, Kejaksaan Negeri Negara, dan Pengadilan Negeri Negara. “Ini langkah utama untuk menyelamatkan 9 ekor penyu yang diamankan. Penyu kita lepasliarkan ke ekosistem meski proses hukum tetap berjalan,” jelasnya.
Penyelundupan penyu katanya tetap menjadi atensi karena Jembrana juga merupakan wilayah perairan. “Kami berusaha maksimal untuk melakukan pengawasan agar ekosistem penyu hijau yang dilindungi tetap terjaga,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  Hujan Deras, Tembok Pagar Rumah Warga Roboh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini