Tak Berijin, Sentra UMKM Sukla Satyagraha di Astina Gianyar Ditutup

picsart 22 03 08 20 03 59 575
DITUTUP - Satpol PP Gianyar memasang plang penutupan UMKM Sukla Satyagraha, di Astina Utara, Gianyar, Senin (7/3/2022)

Gianyar, DENPOST.id

Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Petugas Satuan Polisi Pamong Praja Gianyar, menutup unit usaha kecil menengah (UMKM) Sukla Satyagraha di Jalan Astina Utara, Gianyar, Senin (7/3/2022). UMKM ini, ditutup petugas dengan dipasangi plang warna merah bertulisan “Usaha ini belum memiliki ijin operasional”.

Kepada pengelola/pemilik kawasan ini, supaya menghentikan kegiatan usahanya sampai memiliki ijin/legalitas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Plang ini dipasang di pintu masuk Pasar Sukla Satyagraha.

Baca juga :  Tekan Penyebaran Covid-19, Ribuan Liter Eco Enzyme Disemprotkan di Ubud

Kasatpol PP Gianyar, I Made Watha dihubungi, Selasa (8/3/2022) membenarkan pihaknya memasang plang penutupan tersebut. Hal ini dilakukan karena perintah pimpinan. Sebab, UMKM Sukla Satyagraha ini belum memiliki ijin. “Kami menjalankan tugas dan perintah pimpinan, karena usaha ini belum memiliki ijin sehingga kami tutup,” tegas Watha.

Sementara Ketua Koperasi Sukla Satyagraha yang membina UMKM berjualan di sentra tersebut, I Wayan Widia Adnyana mengakaui sampai saat ini izin untuk sentra tersebut masih berproses. Selama ini, pihaknya beroperasi menggunakan izin Online Single Submission (OSS) atau perizinan online terpadu.

Baca juga :  Di Gianyar, Biaya Kuota Internet Siswa Diganti Dana BOS

Selain itu, pihaknya menggunakan izin koperasi dan rekomendasi lisan dari Bupati Gianyar. “Saat buka setahun yang lalu dengan menggunakan bukan nama pasar, akhirnya diberi arahan menggunakan nama Sentra Sukla Satyagraha, UMKM binaan Koperasi Konsumen Sukla Satyagraha,” katanya.

Selain tetap berproses mengurus izin, pihaknya juga berencana berkoordinasi dengan Ombudsman terkait terhambatnya proses perijinan yang telah diajukan, namun proses selesai sangat lama. (116)

Baca juga :  Desa Lodtunduh Kembangkan Konsep Wisata Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini