Makin Langka, Pohon Juwet Ditanam di Tempat Wisata

picsart 22 03 11 14 04 55 210
TANAM POHON - Kegiatan penanaman pohon juwet di Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo.

Negara, DENPOST.id

Pohon juwet (jamblang) merupakan salah satu pohon yang mulai langka. Untuk melestarikan dan mengembangkan pohon juwet, Jumat (11/3/2022) dilaksanakan penanaman pohon juwet di tempat Wisata Sidi Tapa, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.
Kegiatan dihadiri Babinsa Kelurahan Tegalcangkring, Serda Suwardi bersama Lurah Tegalcangkring, I Gusti Ngurah Eka Armadi, Kabid Perhubungan Provinsi Bali, Nyoman Sunarya serta para pengelola Wisata Sidi Tapa.

Baca juga :  Penerapan PPKM di Jembrana Didukung Penuh Yonif Mekanis

Suwardi mengatakan, penanaman pohon juwet ini merupakan bagian dari program “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” Provinsi Bali.
Ada 50 pohon juwet yang ditanam. “Ini sebagai bentuk pelestarian lingkungan hidup, sesuai Peraturan Gubernur Nomer 24 Tahun 2020 tentang Perlindungan Danau Mata Air, Sungai dan Laut Perlindungan Danau Mata Air, Sungai dan Laut,” katanya.

Selain untuk melestarikan, lanjutnya, penanaman juwet ini juga untuk mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Penanaman pohon tersebut juga bisa menjadi investasi ke depan bagi masyarakat setempat. Sebab, dua hingga empat tahun ke depan tanaman akan tumbuh sempurna dan dapat dinikmati. “Diharapkan masyarakat bisa ikut berperan dengan menganggarkan lewat APBDes untuk kelestarian tanaman agar indah dan tertata,” tandasnya. (120)

Baca juga :  Dua Warga Isoman di Mendoyo Dijemput untuk Isoter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini