Tahun Ini, Klungkung Hanya Realisasikan Bedah Rumah 72 Unit

picsart 22 03 13 20 35 49 938
BEDAH RUMAH - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat menyerahkan bantuan bedah rumah di Nusa Penida, Sabtu (12/3/2022)

Semarapura, DENPOST.id

Bantuan bedah rumah bagi warga miskin di Kabupaten Klungkung, tidak pernah habis. Buktinya, ada 602 warga yang kembali diusulkan mendapat bantuan bedah rumah di Klungkung.

Sayangnya, karena terbatasnya anggaran tidak semua bantuan bedah rumah yang diusulkan tersebut terealisasi. Karena tahun 2022 ini, Pemkab Klungkung hanya merelisasasikan bantuan bedah rumah sebanyak 72 unit.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya ketika dikonfirmasi mengatakan kalau pihaknya di Dinas Sosial tidak hanya mengusulkan bantuan bedah rumah. Ada juga bantuan rehab rumah sebanyak 701 unit pada tahun 2021. Namun, setelah dilakukan verfikasi yang lolos bantuan bedah rumah hanya 264 unit. Sedangkan rehab rumah sebanyak 331 unit.

“Ya, karena keterbatasan anggaran bantuan bedah rumah yang terealisasi pada tahun 2022 hanya 72 unit. Sedangkan rehab rumah 33 unit,” ungkap Gusti Mahajaya, Minggu (13/3/2022).

Baca juga :  Pekak Sendra Nekat Gantung Diri di Garase

Menurut Gusti Mahajaya, semua usulan bedah rumah dan rehab rumah datangnya dari Desa. Pihaknya di Dinas Sosial hanya melakukan verifikasi. Sedangkan usulan terbanyak datang dari wilayah Nusa Penida. Sementara anggaran bedah rumah di Klungkung daratan dan Nusa Penida tahun 2022 juga tidak sama. Untuk di Klungkung daratan, bedah rumah dianggarkan Rp 30 Juta per unit. Sedangkan di Nusa Penida Rp 35 Juta per unit.

Baca juga :  Prokes Ketat, Melasti di Pantai Padanggalak Tak Libatkan Krama

“Kalau untuk anggaran rehab rumah di Klungkung daratan dan Nusa Penida sama, yaitu Rp15 Juta per unit,” katanya.

Namun, program bedah rumah juga dibantu dari Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Di mana, Suwirta membantu memberikan bedah rumah untuk warga miskin dari dana operasionalnya. Hal ini terlihat di Nusa Penida, ada dua KK miskin atas nama Nyoman Sari, di Banjar Gelagah, Desa Kutampi Atas dan Ketut Putu, di Dusun Dungkap 1, Desa Batukandik, dibantu bedah rumah. Penyerahan bantuan bedah rumah ini diserahkan langsung Suwirta pada, Sabtu (12/3/2022). (119)

Baca juga :  90 Persen Warga Lembongan Kembali ke Budidaya Rumput Laut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini